Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model discovery-inquiry berbasis pendekatan scientific pada pembelajaran IPA guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, meningkatkan hasil belajar, dan mendeskripsikan respons peserta didik kelas V terhadap pembelajaran IPA. Desain penelitian menggunakan true experimental design dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara kelas eksperimen yang menggunakan model discovery-inquiry berbasis pendekatan scientific dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang mempunyai rata-rata masing-masing 70,00 untuk kelas eksperimen dan 64,80 untuk kelas kontrol, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata 56,692 untuk kelas eksperimen dan 36,960 untuk kelas kontrol, dengan thitung = 6,162 sedangkan ttabel = t(0,95)(49)= 1,68, karena thitung > ttabel maka efektif, untuk N-gain kelas eksperimen sebesar 0,28, kelas kontrol 0,04, terdapat respon positif dari peserta didik terhadap penerapan model discovery-inquiry berbasis pendekatan scientific, skor total rekapitulasi angket 1324 dengan rata-rata 2,55 yang masuk kategori “setujuâ€. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif, peningkatan hasil belajar serta terdapat respons positif dari peserta didik terhadap penerapan model discovery-inquiry berbasis pendekatan scientific.

 

Purpose research to apply discovery inquiry model based scientific approaches to learning science in order to improve ability of creative thinking, improve learning outcomes and describe response of fifth grade students towards learning science. Design of this study uses true experimental design to shape design of pretest-posttest control group. Hypothesis testing using t test analysis and N-gain. The results showed difference between increase ability to think creatively experimental class used discovery inquiry model based on scientific approach and grade control using conventional learning models have average of respectively 70.00 and 64.80 for experimental class to control class, there are differences in improvement learning outcomes between experimental class and control class with an average of 56.692 for each class of experiments and 36.960 for control class, with tcount = 6,162 while ttable = t(0,95)(49)= 1,68, because tcount > ttable then effective, N-gain for experimental class of 0.28, while control class 0,04, there is positive response from students to application discovery-inquiry based on scientific approach, total score recapitulation questionnaire is 1324 with an average of 2.55 which included category "agreed". Researcher concluded there is increase ability to think creatively, improve learning outcomes, and positive response from the students to apply the models.