PERBEDAAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL SINEKTIK DAN PROJECT BASED LEARNING BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Keterampilan menulis puisi belum mendapatkan hasil yang optimal karena guru kurang memperhatikan model, media dan kepribadian setiap siswa mempengaruhi cara belajar. Karenanya, dibutuhkan model pembelajaran sinektik dan model Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah (1) menentukan peningkatan keterampilan menulis puisi model sinektik berdasarkan tipe kepribadian peserta didik kelas V sekolah dasar; (2) menentukan peningkatan keterampilan menulis puisi model PjBL berdasarkan tipe kepribadian peserta didik kelas V sekolah dasar; (3) menjelaskan interaksi keefektifan antara model sinektik dan PjBL untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi berdasarkan tipe kepribadian kelas V peserta didik sekolah dasar.Metode penelitian ini adalah eksperimen.Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Plalangan 01 dan SDN Bendan Ngisor.Pengumpulan data tes melalui keterampilan menulis puisi dan tes kepribadian introver dan ekstrover.Pengumpulan data nontes melalui observasi dan dokumentasi foto.Hasil penelitian perlakuan model sinektik berkepribadian ekstrover lebih tinggi daripada berkepribadian introver yaitu 23,74> 21,35. Sedangkan model PjBL berkepribadian ekstrover lebih tinggi daripada berkepribadian introver yaitu 19,22> 16,24. Keterampilan menulis puisi yang mendapatkan perlakuan model sinektik lebih efektif dari pada model PjBL yakni 22,61> 17,80.Saran penelitian ini adalah memperhatikan tipe kepribadian saat proses pembelajaran.
Â
Poetry writing skills have yet to get optimal results, because the teacher less model and affect the way each student learns. Therefore, learning model sinektik and model of Project Based Learning (PjBL). The purpose of this (1) determine the improvement of writing skills of poetry sinektik model based on personality types learners class V primary school; (2) determine the improvement of writing skills of poetry based on the execution model of personality types learners class V primary school; (3) describe the interaction between sinektik and the effectiveness of the execution to improve the writing skills of poetry based on personality type class V students elementary school. This research method is experimentation. Data analysis techniques using anava two lines. The sample of this research is the grade V SDN 01 Plalangan and SDN Ngisor Bendan. Nontes collection of data through observation and photo documentation. Results of the study treatment model sinektik has an extroverted personality than introverted i.e. 23,74> 21,35. The execution model is whereas the extroverted personality is higher than the introverted personality namely 19,22> 16, 24. The poem writing skills getting treatment model sinektik more effective than in the execution of the model i.e. 22,61> 17.80.