Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran matematika model berjangkar dengan pendekatan kontekstual untuk materi luas permukaan kubus dan balok siswa kelas V yang valid dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika mengacu pada model pengembangan pembelajaran dari Thiagarajan dengan fase-fase: define, desain, dan develop. Perancangan perangkat terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, VCD pembelajaran, lembar kerja siswa, dan tes prestasi belajar. Data diolah dengan statistik uji-t dan dengan uji regresi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid yaitu berdasar hasil penilaian dari para validator: silabus dalam kategori baik, RPP sangat baik, VCD pembelajaran sangat baik, lembar kerja siswa sangat baik, dan tes prestasi belajar sangat baik. Hasil keefektifan yaitu: aktifitas siswa memenuhi kriteria sangat baik, minat belajar siswa memenuhi kriteria sangat baik, uji proporsi menunjukkan prestasi belajar siswa memenuhi standar kriteria minimum, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol pada uji regresi linier ganda diperoleh simpulan bahwa aktivitas dan minat belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar.

 

Abstract

___________________________________________________________________

This study aimed to obtain the mathematical model of anchored learning with contextual approach for cubes and blocks material of students grade V that valid and effective. The development of the mathematics learning devices refer to a model of learning development by Thiagarajan with phases:   define,   design, and develop. The design of the learning devices consist of the syllabus, lesson plans, VCD learning, worksheet, and learning achievement test. Data were processed with t-test statistics and test regression. The study produced a valid learning device that is according the values of validators that syllabus in good criteria, RPP is very good, VCD learning is very good, worksheet very good, and learning achievement test is very good. Effectiveness results are:  student activities   achive the very good criteria, student interest the very good criteria,   test of proportion of shown learning achievements of students more standard of minimum criteria of value, the average learning outcomes experimental group better than control group, and the multiple regression test got inference that the activities and interests of a positive influence.