MENULIS NARASI DENGAN METODE KARYAWISATA DAN PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG SERTA GAYA BELAJARNYA
Abstract
Kegiatan menulis narasi dengan perlakuan metode karyawisata dan metode pengamatan objek langsung, lebih mudah diterima peserta didik. Oleh karena itu, perlu diterapkan metode yang inovatif agar peserta didik lebih termotivasi, aktif, antusias, dan kreatif serta meningkatkan kemampuan menulis narasi secara kreatif dan imajinatif. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menulis karangan narasi dengan perlakuan metode karyawisata dan metode pengamatan objek langsung dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik efektif. Masalah yang dikaji perbandingan keefektifan antara karangan narasi perlakuan metode karyawisata dengan metode pengamatan objek langsung dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Desain penelitian yang digunakan desain faktorial dalam penelitian eksperimen. Kelas IV SD Islam Sultan Agung 1 Semarang sebagai kelas eksperimen dan Kelas IV SD Islam Sultan Agung 2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing dengan pembelajaran menulis karangan narasi dengan perlakuan metode karyawisata dan metode pengamatan objek langsung. Rata-rata tes akhir pembelajaran perlakuan metode karyawisata 65,82 dan pengamatan objek langsung 62,92. Nilai dari signifikansi pada pembelajaran menulis perlakuan metode karyawisata 3,974 > 0,05 dan pembelajaran menulis karangan narasi dengan pengamatan metode objek langsung nilai signifikansinya 0,215 > 0,05.
Abstract
___________________________________________________________________
The ativities of free writing of a narration by using field trip method and observation directly object method can be accepted for students easily. So, it is necessary to apply the method which more innovative, active, enthusiastic, and creative to improve the students ability in writing a free narration as creative and imaginative. This study are to find out whether field trip method and observations directly object method by using visual, auditorial, and kinesthetic. Writing a narration is effective. And also, to find out which method is more effective by using field trip method or observations object directly method with visual, auditorial, and kinesthetic in learning of free writing a narration. Study divided into two groups, called experimental and control group. The experimental group is the students grade IV of SD Islam Sultan Agung 1 and the control group is the students grade IV of SD Islam Sultan Agung 2. Using field trip method and observations directly object method respectively. The average of student’s values that taught with field trip method is 65,82 and observation object directly method is 62,92. It is found that the significance value of field trip method in learning of free writing a narration 3,974 > 0,05 and the significance value of observations object directly method 0,215 > 0,05.