PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PRBLEM BASED LEARNING BERMUATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar bermuatan pendidikan multikultural. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) bagaimana deskripsi bahan ajar yang selama ini digunakan, (2) bagaimana karakteristik bahan ajar yang dikembangkan, (3) bagaimana kevalidan bahan ajar PBL bermuatan pendidikan multikultural untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (4) bagaimana kepraktisan bahan ajar PBL bermuatan pendidikan multikultural untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Bahan ajar ini disesuaikan dengan muatan materi yaitu keberagaman budaya dan suku bangsa. Karakteristik bahan ajar ini adalah dengan mengembangkan bahan ajar berbasis PBL dengan muatan pendidikan multikultural. Bahan ajar ini dari uji kevalidan termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan uji gain, bahan ajar yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Bahan ajar PBL bermuatan pendidikan multikultural praktis dan dapat diterima untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas IV.