Abstract

Pembelajaran menulis deskriptif yang dilakukan belum mengoptimalkan panca indera dan menggunakan media video. Guru sering hanya menggunakan media gambar pada proses pembelajarn. Oleh sebab itu diperlukan pembelajaran menulis deskriptif yang dapat mengoptimalkan potensi siswa yaitu menggunakan SAVI. Rumusan masalah adalah bagaimana hasil analisis kebutuhan, prototipe, uji validitas dan efektivitas mengenai perangkat pembelajaran menulis deskriptif. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) sesuai pendapat Borg dan Gall. Penelitian dilakukan pada tiga kelas yaitu kelas uji coba untuk memperoleh data awal dalam pengembangan perangkat pembelajaran menulis deskriptif dengan pendekatan SAVI berbantuan video. Kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk membandingkan apakah perangkat yang dikembangkan valid dan efektif. Hasil analisis kebutuhan berasal dari empat SD yaitu SD N Wonosari 03, SD N Karang ayu 02,  SD N Kuningan 01, dan SD N Sadeng 03 menunjukkan nilai rata-rata 87% guru sangat membutuhkan perangkat menulis deskriptif. Prototipe yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKPD, video pembelajaran, soal tes dan buku petunjuk guru. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukan skor akhir (Sa) ≥ 3,25 dengan kriteria valid dan baik sekali. Skor keefektifan pembelajaran diperoleh dari nilai ketuntasan klasikal sudah melebihi (Tk) ≥ 75 % peserta didik yaitu 81 % (30 dari 37 peserta didik), nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 80,27 serta 21 siswa dinyatakan sangat aktif dan 16 siswa. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dapat disimpulkan valid dan efektif. Perlu adanya penyesuaian terhadap kurikulum yang terbaru.

Learning to write descriptive do not optimize the use of the senses and video media. Teachers only using media images in the learning process. Therefore it is necessary to write a descriptive study to optimize the potential of the students are using the SAVI. The formulation of the problem is how the results of requirements analysis, prototyping, test the validity and effectiveness of the learning device descriptive writing. This study uses a model of Research and Development (R & D) in accordance with the opinion Borg & Gall. The study was conducted in three classes, namely class tests to obtain preliminary data on the development of learning to write descriptive video-assisted SAVI. Experimental class and control class to compare whether a device developed valid and effective. The results of the needs analysis results from four elementary School SD N Wonosari 03, SD N Karang Ayu 02, SD N Kuningan 01, dan SD N Sadeng 03 shows the average value of 87% of teachers in dire need of descriptive writing devices. The prototype developed in the form of a syllabus, lesson plans, LKPD, instructional video, test questions and guide teachers. Learning device validation results showed the final score (Sa) ≥ 3.25 with valid criteria and splendidly. Scores obtained from the learning effectiveness of classical completeness value has exceeded (Tk) ≥ 75% of learners is 81% (30 of 37 students), the average value of the results of experimental class learning at 80.27, and 21 students expressed very active and 16 students. The result of the development of learning tools can be inferred valid and effective. Necessary adjustments to the latest curriculum.