Astuti, W. W., Sukardi, F. X., & Partono. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1-6.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/540
Diner, L. (2014). Pemanfaatan Sumber Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Budaya Jepang. Rekayasa Jurnal Terapan Teknologi dan Pembelajaran, 12(2).
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/rekayasa/article/view/10307
Fauziah, Safiah, I., & Habibah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Unsyiah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30-38.
http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2501
Febrian, I. D., Wagiran, & Utami, S. P. T. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Satu Babak Melalui Media Film Bisu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo Kabupaten Brebes. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2), 191-201.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/9089
Hartono, B. & Utami S. P. T. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Metode AAJI (Amati Jaring-jaring Ide) dengan Media Skema Barang Kenangan pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Masehi PSAK Ambarawa, Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 9-16.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/14532
Indriyanti, M., & Sismulyasih, N. (2016). Hubungan Tes Membaca Berdasarkan Standar PIRLS Terhadap Kemampuan Membaca. Joyful Learning Journal, 6(3), 1-5.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/8402
Lestari, R. D., Mulyani, M., & Subyantoro. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Induktif dengan Media Gambar Seri yang Bermuatan Nilai Karakter untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Paragraf Peserta Didik Kelas III. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 53-62.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/8692
Pintrich, P. & Elisabeth V. D. G. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33-40.
http://rhartshorne.com/fall-2012/eme6507-rh/cdisturco/eme6507-eportfolio/documents/pintrich%20and%20degroodt%201990.pdf
Rahmawati, D., Haryadi, & N. Luriawati, D. (2017). Membaca Intensif Menemukan Gagasan Utama dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Melalui Teknik Kepala Bernomor Terstuktur Pada Siswa VII C SMP Negeri 1 Bonang Demak. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(1), 89-99.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/8761
Sari, S. D., Wagiran, & Baehaqie, I. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write dengan Pemanfaatan Media Kliping Foto Jurnalistik pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 8 Batang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 25-30.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/11298
Sudiyati, Rustono, & Supriyanto T. (2016). Pengembangan Buku Panduan Motivatif yang Berbantuan Audio dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek yang Berbasis Pendidikan Kewirausahaan. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 63-72.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/8693
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukoyo, J. (2013). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 23-29.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/2589
Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (PIRLS) 2011. Litera Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 14(1), 170-186.
https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/4416
Syafaah, N. & Haryadi. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Menemukan Gagasan Utama dengan Metode P2R dengan Teknik Diskusi pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Athfal Wedung Demak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 23-29.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/14700
Ulfa, S. M. & Qomariyah, U. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek melalui Media Gambar Seri dengan Menggunakan Teknik Pengandaian Diri sebagai Tokoh Cerita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-7.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/14686
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Akasara.
Widaryanto, B. & Afiani, E. (2012). Studi Internasional Keterbacaan Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) 2010. VALUE Jurnal Evaluasi & Asesmen Pendidikan, 1(1), 27-38.
http://penilaian.kemdikbud.go.id/e-jurnal/index.php/jevas/article/view/13