http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49
Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika sd dengan menggunakan media manipulatif. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 72-89. Retrieved from
http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/166
Anugraheni, I. (2017). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar guru-guru sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205-212. Retrieved from
https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1297
Anugraheni, I. (2017). Penggunaan portofolio dalam perkuliahan penilaian pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 246-258. Retrieved from
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/40
Asrul, Ridlo, S., & Susilo. (2018). Creative thinking analysis, motivation and concept mastery on learning of cooperative discovery model in elementary school. Journal of Primary Education, 7(1), 48-56. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/21736
Ba'ru, Y. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari minat siswa kelas vii smp negeri di kota rantepao. DAYA MATEMATIS: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 83-89. Retrieved from
http://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/2454
Basri, A. M., Rohana, & Pagarra, H. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran ipa kelas v sdn 124 batuasang kecamatan herlang kabupaten bulukumba. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 8(3), 160-171. Retrieved from
https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/5995
Fachrurazi. (2018). Benda manipulatif dari sandal jepit dan pelepah rumbia untuk pemahaman konsep aljabar siswa kelas viii smp. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 1-11. Retrieved from
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/10706
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui realistic mathematic education berbantu alat peraga bongpas. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20. Retrieved from
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/2280
Fitriyah. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa di man model kota jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108-112. Retrieved from
http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/pelangi/article/view/1898
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47-54. Retrieved from
http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4305
Gazali, R. Y., & Atsnan, M. F. (2016). Peningkatan motivasi dan minat belajar matematika siswa melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika yang bermakna. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). Retrieved from
https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/15987
Haloho, S. H., Prambudi, A., & Hidayah, I. (2019). Meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas viif smpn 22 semarang melalui pembelajaran discovery learning berbantuan apm. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 821-827. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29273
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran matematika sekarang dan yang akan datang berbasis karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 30-42. Retrieved from
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2075
Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52-60. Retrieved from
http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/424
Heruman. (2013). Model pembelajaran matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hidayah, I. (2018). Pembelajaran matematika berbantuan alat peraga manipulatif pada jenjang pendidikan dasar dan gerakan literasi sekolah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 1-11. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20762
Hidayah, I., Isnarto, I., & Asikin, M. (2019). Respon siswa terhadap penggunaan puzzle tangram-7 sebagai alat peraga manipulatif individual dalam ujicoba terbatas pembelajaran matematika dengan hots. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 305-312. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28944
Kania, N. (2018). Alat peraga untuk memahami konsep pecahan. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1-12. Retrieved from
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/699
Maharani, L., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2013). Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model generative learning di kelas viii smp negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-17. Retrieved from
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4650
Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, E. M. (2017). The effect of discovery learning model on student's critical thinking and cognitive ability in junior high school. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(6-1), 1-8. Retrieved from
http://iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-7%20Issue-6/Version-1/A0706010108.pdf
Masdariah, Nurhayati, B., & Rachmawaty. (2018). Kajian deskriptif model discovery learning dalam meningkatkan motivasi belajar, aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Proceedings. Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 551-556. Retrieved from
http://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/7061
Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. (2003). Number 20 of 2003 about Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.
Murniasih, T. R., Ferdiani, R. D., & Fayeldi, T. (2016). Media smart diagram venn untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi himpunan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70-76. Retrieved from
https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/30
Pangaribowo, D. R., Keliat, N. R., Sastrodihardjo, S., & Hutangoal, D. R. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning dan permainan smart case untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii c smp kristen 2 salatiga. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 47-57. Retrieved from
https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/10142
Pratiwi, E., Hasyim, A., & Sudirman. (2015). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran discovery. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 3(2), 1-15. Retrieved from
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JT/article/view/7851
Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Discovery learning with scientific approach on geometry. Journal of Physics Conference Series 895(1): 012033. Retrieved from
http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/895/1/012033
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371-380. Retrieved from
http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3043
Sasongko, H. W. (2014). Tinjauan keefektifan group investigation menggunakan alat peraga manipulatif dari aspek prestasi belajar bangun ruang sisi datar dan apresiasi terhadap matematika smp. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 136-146. Retrieved from
https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9075
Setiaji, D. W. S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar ipa pada siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(2), 20-25. Retrieved from
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/11868
Setiawan, A., Akina, & Sudarman. (2014). Penerapan alat peraga kartu posinega dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan perkalian dan pembagian bilangan bulat pada siswa kelas v sdn oloboju. Jurnal Dikdas, 2(2), 42-54. Retrieved from
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ESE/article/view/2826
Sihombing, H., Sinaga, B., & Mukhtar. (2017). The effect of discovery learning model to students' mathematical concept mastery. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(5-1), 18-23. Retrieved from
http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-7%20Issue-5/Version-1/D0705011823.pdf
Sinambela, J. H., Napitupulu, E. E., Mulyono, & Sinambela, L. (2018). The effect of discovery learning model on students mathematical understanding concepts ability of junior high school. American Journal of Educational Research, 6(12), 1673-1677. Retrieved from
http://pubs.sciepub.com/education/6/12/13/index.html
Sugiharti, R. E. (2013). Penggunaan media benda manipulatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada topik operasi hitung bilangan (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas dua sekolah dasar aren jaya iii kecamatan bekasi timur kota bekasi). PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 41-50. Retrieved from
http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1229
Susiawan, E. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran mengoperasikan sistem operasi komputer berdasarkan masalah di kelas x tei smk negeri 2 lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 545-554. Retrieved from
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/2396
Suwardi, Firmiana, M. E., & Rohayati. (2014). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pembelajaran matematika pada anak usia dini. Jurnal Al - Azhar Seri Humaniora, 2(4), 297-305. Retrieved from
https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/177
Utari, V., Fauzan, A., & Rosha, M. (2012). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep melalui pendekatan pmr dalam pokok bahasan prisma dan limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-38. Retrieved from
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1159
Yuliani, K., & Saragih, S. (2015). The development of learning devices based guided discovery model to improve understanding concept and critical thinking mathematically ability of students at islamic junior high school of medan. Journal of Education and Practice, 6(24), 116-128. Retrieved from
https://eric.ed.gov/?id=EJ1078880
Zulkifli, S., & Tetty, K. A. (2018). Alat peraga benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada mata pelajaran matematika. JASSI Anakku, 19(2), 25-31. Retrieved from
http://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/15443
- Abstract viewed - 311 times
- pdf downloaded - 5039 times
Affiliations
Intan Kurnia Sari
Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
Joko Sutarto
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Lita Latiana
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
How to Cite
The Implementation of Discovery learning Assisted with Manipulative Teaching Tools on The Mathematical Understanding Concept of Students
Vol 8 No 7 (2019): September 2019
Submitted: Sep 2, 2019
Published: Sep 2, 2019
Abstract
This study has a purpose of examining the differences in the improvement of the mathematical understanding concepts of students between the class using discovery learning assisted with manipulative teaching tools compared to the class using discovery learning without the manipulative teaching tools. This study was a quasi-experimental design study. The sampling technique was applied in this study is the purposive sampling technique, a sampling technique which conducted using certain considerations. Therefore, the samples were obtained Public Elementary School Dukuh 05 Salatiga as the experimental class and Public Elementary School Dukuh 01 Salatiga as the control class with a total of 54 students for each class. The data collection techniques in this study were used test of mathematical understanding concepts. The results showed that there was a difference in the improvement of the mathematical understanding concepts in the experimental class using the discovery of learning assisted with manipulative teaching tools. This is indicated by N-Gain score in the experimental class at 0.55, whereas, the control class at 0.29. This result is supported by the independent sample t-test, which shows that the sig. (2-tailed) is 0.000 < 0.05. The mathematical understanding concepts in the class using the discovery of learning assisted with manipulative teaching tools is higher. The implementation of the discovery learning assisted with manipulative teaching tools can be used as a solution for teachers in improving the mathematical understanding concepts of students.