http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn/article/view/493
Badriyah. (2015). Efektifitas proses pembelajaran dengan pemanfaatan media pembelajaran. Jurnal Lentera Komunikasi, 1(1). Retrieved from
https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrksi/article/view/127
Cahyati, N.(2018). Penggunaan media audio visual terhadap karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun. Jurnal Golden Age, 2(2), 75-84. Retrieved from
http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1033
Chrystanti, Y. C., & Sukadi. (2015). Media pembelajaran pengenalan huruf dan angka di taman kanak-kanak tunas putra sumberharjo. Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 7(3). Retrieved from
https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1203
Condrosari, G. Y. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media audio visual anak usia 5-6 tahun di tk pkk bener kecamatan tegalrejo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(4). Retrieved from
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/7353
Dewi, K. R. T., Asri, I. G. A. A. S., & Tirtayani, L. A. (2017). Pengaruh metode demonstrasi berbantuan media audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok b di tk gugus jempiring kecamatan denpasar barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1), 78-93. Retrieved from
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/11046
Febiharsa, D., & Djuniadi. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif 3 dimensi untuk pembelajaran materi pengenalan lingkungan pada anak usia dini di indonesia.Journal of Studies in Early Childhood Education, 1(1). Retrieved from
http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sece/article/view/590
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di sman 1 bangkinang kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180. Retrieved from
http://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1027
Hidayah, A. N., & Nurhadija. (2018). Aktivitas mendongeng menggunakan media audio visual dalam pembelajaran moral. JURNAL SMART PAUD, 1(1). Retrieved from
http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/3523
Hijriyani, Y. S. (2018). Membangun literasi media melalui audio visual untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini. Al Hikmah Proceedingson Islamic Early Childhood Education, 1, 395-406. Retrieved from
http://conference.staialhikmahtuban.ac.id/index.php/ah-piece/ah-piece/paper/view/40
Kristanto, W. (2018). Pengembangan film pendek berbasis karakter pada anak usia dini (penelitian dan pengembangan di taman kanak-kanak islam terpadu wildani surabaya). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 175-189. Retrieved from
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/6572
Khanifah, & Susanto, H. (2014). Efektivitas model pembelajaran problem based instruction berbantuan media audio-visual dalam meningkatkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah fisika. Unnes Physics Education Journal, 3(2). Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/3601
Khotimah, N. (2012). Pembelajaran berbasis anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 12(2), 99-101. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/2522
Pranoto, Y. K. S. (2017). Kecerdasan moral anak usia prasekolah. Edukasi, 2(1). Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/962
Pranoto, Y. K. S., Khamidun, & Rosaria. (2017). Mendidik generasi z: model pengasuhan positif melalui kelas online. General Papers. Seminar Nasional Bimbingan Konseling 2017. Semarang: Universitas PGRI Semarang. Retrieved from
http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/snbk2017/snbkk2017/paper/view/2088
Pranoto,Y. K. S., Sugiyo, & Hong, J. J. (2014). Developing early childhood’s character through javanese traditional game. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 3(1). Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/9477
Limarga, D. M. (2017). Penerapan metode bercerita dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan empati anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 86-104. Retrieved from
http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/320
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun.Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225-232. Retrieved from
https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/178
Mahardika, A. A., Fakhruddin, & Suminar, T. (2018). Partisipasi masyarakat dalam keberhasilan program paud yang terintregrasi dengan posyandu. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(2), 158-165. Retrieved from
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/4894
Munib, A. (2009). Pengantar ilmu pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Oktaviani, D., & Ray, D. (2017). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di tk salsa t.a 2016/2017. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(1). Retrieved from
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/11537
Purwono, J.(2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 127-144. Retrieved from
http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659
Sari, M. P., Saparahayuningsih, S., & Indrawati. (2019). Meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bercakap-cakap berbantuan media audio visual pada kelompok a paud pertiwi i kota bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 18-21. Retrieved from
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/4617
Saurina, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini menggunakan augmented reality. Jurnal IPTEK - Media Komunikasi Teknologi, 20(1). Retrieved from
https://ejurnal.itats.ac.id/iptek/article/view/9
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui model pembelajaran audio visual berbasis android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Anak Usia Dini, 3(2). Retrieved from
http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3490
Solihatun. (2012). Program bimbingan dan konseling pribadi sosial untuk membantu keterampilan sosial siswa terisolir: studi pra eksperimen terhadap siswa kelas xi smkn 20 jakarta selatan tahun ajaran 2011/2012. Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
http://repository.upi.edu/10462
Solikah, N. F., & Simatupang, N. D. (2016). Pengaruh permainan abjad berbasis media audiovisual terhadap kemampuan membaca awal anak kelompok a. PAUD Teratai, 5(1). Retrieved from
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14428
Sofyan, Wiryotinoyo, M. &Sudaryono. (2011). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran menulis kreatif puisi. Tekno-Pedagogi, 1(1), 25-32. Retrieved from
https://online-journal.unja.ac.id/pedagogi/article/view/675
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks.
Suminar, T., Utsman, & Malik, A. (2019). Peningkatan pengelolaan pembelajaran pendidikan kecakapan hidup berbasis empat pilar pendidikan bagi tutor pos paud di kelurahan ngijo kecamatan gunungpati. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(1). Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/panjar/article/view/28699
Wandini, R. R. (2017). Pengenalan huruf vokal terhadap anak usia dini dengan media audio visual. Jurnal Tarbiyah, 24(1). Retrieved from
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/130
Yuliyanti, W. (2015). Analisis minat anak usia dini dalam belajar vocabulary dengan memanfaatkan google translate (native sounds) (studi kasus pada paud). Jurnal Humaniora Teknologi, 1(1). Retrieved from
http://jht.politala.ac.id/index.php/jht/article/view/10
- Abstract viewed - 331 times
- pdf downloaded - 2924 times
Affiliations
Nursih Nursih
Kindergarten ABA 03 Kendal, Jawa Tengah, Indonesia
Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto
Early Childhood Teacher Education, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Tri Suminar
Non-formal Education, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
How to Cite
Readiness Center Learning with Audio-Visual Media to Enhance the Competence of Early Childhood Education Teachers in Ringinarum Kendal
Vol 8 No 7 (2019): September 2019
Submitted: Sep 13, 2019
Published: Sep 13, 2019
Abstract
This study aims to develop learning towards improving the competence of Early Childhood Education teachers. The object of this research was the readiness center learning model using audio-visual media. The result of development was a prototype model of early childhood education in the form of a textbook, readiness center learning, and audio-visual media. The audio-visual media in the form of a Compact Disc (CD) comprising Universe Theme for Natural Phenomena Subtheme (Flood, Earthquake, Eruption, Rain, Rainbow, Morning Day Night). The use of CD requires teachers to be able to operate computers, LCD, and projector. Therefore, teachers can enhance their competence in IT mastery. Readiness center model using audio-visual effectively increases the competence of early childhood education teachers in managing quality learning and developing achievements on cognitive and psychomotor aspects.