Azizah N, & Kurniawati Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara ditinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia Dini 5-6 tahun. Ijeces, indonesian journal of early childhood education studies. 2 (2): 50-57.
Agus, J. R., & Winiharti, M. (2011). The Analysis Of Creative Writing Teaching Through Story Book Reading For The First Grade Students Of Tunas Muda International School. Jurnal LINGUA CULTURA. 5(2): 98-107.
Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak 8(2): 141-148.
Darmawan, D. (2016). Metode penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Dewi, D. K. E. (2016). Penerapan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun. e-Journal PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3).
Farikha, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al- Khalifa Solerejo Mojowarno Jombang. Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1): 45-55.
Fauzani, B.N., & Mas’udah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Main Peran Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B. PG PAUD Surabaya, Jurnal PAUD TERATAI, 05 (02): 62-67.
Gerde, Hope K., Bingham, G.E., & Wasik, B. A. (2012). “Writing in Early Childhood Classrooms: Guidance for Best Practicesâ€. Early Childhood Education Jurnal. 40(6): 351-359.
Hill, S. M., Stacy. A. ., & Louis. M. (2017). Word Learning During Reading: Effects of Language Ability in School-Age Children. Communication Disorders Quarterly. 39(1) 270–280.
Indrawati, Ni Putu Vivin., Ni Ketut Suami., & Putu Rahayu Ujianti. (2016). Implementasi Teknik Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok B1. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha.4(2).
Janawati, D. P. A., Sudiana, N. & Dantes, N. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kartu Kata dalam Permainan Domino terhadap peningkatan kemampuan membaca menulis Permulaan Siswa. E- Journal Program Pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha, 3(1): 1-10.
Khasanah, N., & Darsinah. (2016). Metode Bercerita Berpengaruh Terhadap Kemampuan Bahasa Reseptik Anak. Surakarta: eprint.ums, 2-10.
Kusdiyati, S., Lilim, H., & Farrah, A., (2010). Pengaruh Pemberian Dongeng dengan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam. 3(2): 157-168.
Kustina, R. (2014). Penggunaan media Kartu kata dalam Meningkatkan kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Bungong Seleupok Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh: Jurnal metamorfosa. 2(1): 35-42.
Kurniawati, N. (2016). Pengaruh Metode Bercakap- cakap Berbasis Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai. 05 (03): 68-72.
Kusumawati, A., & Sunaria. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Usia 5-6 tahun melalui Permainan Plastisin. YaaBunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 7-12.
Muyasaroh, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Kartu kata Bergambar pada Anak Usia 3-4 tahun KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 6(3): 1-6.
Naitili, C. A. (2019). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Malang: jurnal pendidikan. 4(5): 660-667.
Nurhayati, N. & Widayati, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Media Pasir pada Anak Kelompok A di TK Kyai Hasyim. PAUD Teratai, 5(1): 1-5.
Rahmawati, R. (2017). Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan melalui Media Kartu Bergambar. SAP (Susunan Artikel pendidikan), 1(3):259- 270.
Repita, L. E., Desa, P. P., & Luh. A. T. (2016). Implementasi Teknik Modeling Untuk Meminimalisasi Perilaku Bermasalah Oppositional Defiant Pada Anak Kelompok B. Journal PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2).
Rosyidah, N. (2019). Pengaruh Media Bontasi (Boneka Tiga Dimensi) Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Al-Manar Wiyung Surabaya. Jurnal Paud Teratai Unesa. 1(1): 1-7.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Sudiarta, I. W. (2017). Pengaruh Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Inggris pada Anak Kelompok B TK Mahardika Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, 1(3): 240-251.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Agus, J. R., & Winiharti, M. (2011). The Analysis Of Creative Writing Teaching Through Story Book Reading For The First Grade Students Of Tunas Muda International School. Jurnal LINGUA CULTURA. 5(2): 98-107.
Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak 8(2): 141-148.
Darmawan, D. (2016). Metode penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Dewi, D. K. E. (2016). Penerapan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun. e-Journal PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3).
Farikha, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al- Khalifa Solerejo Mojowarno Jombang. Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1): 45-55.
Fauzani, B.N., & Mas’udah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Main Peran Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B. PG PAUD Surabaya, Jurnal PAUD TERATAI, 05 (02): 62-67.
Gerde, Hope K., Bingham, G.E., & Wasik, B. A. (2012). “Writing in Early Childhood Classrooms: Guidance for Best Practicesâ€. Early Childhood Education Jurnal. 40(6): 351-359.
Hill, S. M., Stacy. A. ., & Louis. M. (2017). Word Learning During Reading: Effects of Language Ability in School-Age Children. Communication Disorders Quarterly. 39(1) 270–280.
Indrawati, Ni Putu Vivin., Ni Ketut Suami., & Putu Rahayu Ujianti. (2016). Implementasi Teknik Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok B1. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha.4(2).
Janawati, D. P. A., Sudiana, N. & Dantes, N. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kartu Kata dalam Permainan Domino terhadap peningkatan kemampuan membaca menulis Permulaan Siswa. E- Journal Program Pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha, 3(1): 1-10.
Khasanah, N., & Darsinah. (2016). Metode Bercerita Berpengaruh Terhadap Kemampuan Bahasa Reseptik Anak. Surakarta: eprint.ums, 2-10.
Kusdiyati, S., Lilim, H., & Farrah, A., (2010). Pengaruh Pemberian Dongeng dengan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam. 3(2): 157-168.
Kustina, R. (2014). Penggunaan media Kartu kata dalam Meningkatkan kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Bungong Seleupok Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh: Jurnal metamorfosa. 2(1): 35-42.
Kurniawati, N. (2016). Pengaruh Metode Bercakap- cakap Berbasis Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai. 05 (03): 68-72.
Kusumawati, A., & Sunaria. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Usia 5-6 tahun melalui Permainan Plastisin. YaaBunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 7-12.
Muyasaroh, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Kartu kata Bergambar pada Anak Usia 3-4 tahun KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 6(3): 1-6.
Naitili, C. A. (2019). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Malang: jurnal pendidikan. 4(5): 660-667.
Nurhayati, N. & Widayati, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Media Pasir pada Anak Kelompok A di TK Kyai Hasyim. PAUD Teratai, 5(1): 1-5.
Rahmawati, R. (2017). Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan melalui Media Kartu Bergambar. SAP (Susunan Artikel pendidikan), 1(3):259- 270.
Repita, L. E., Desa, P. P., & Luh. A. T. (2016). Implementasi Teknik Modeling Untuk Meminimalisasi Perilaku Bermasalah Oppositional Defiant Pada Anak Kelompok B. Journal PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2).
Rosyidah, N. (2019). Pengaruh Media Bontasi (Boneka Tiga Dimensi) Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Al-Manar Wiyung Surabaya. Jurnal Paud Teratai Unesa. 1(1): 1-7.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Sudiarta, I. W. (2017). Pengaruh Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Inggris pada Anak Kelompok B TK Mahardika Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, 1(3): 240-251.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
- Abstract viewed - 767 times
- PDF downloaded - 507 times
Affiliations
Dwi Asmiarti
TK PGRI Tanggel
Kurotul Aeni
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Mulawarman Mulawarman
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
How to Cite
Asmiarti, D., Aeni, K., & Mulawarman, M. (2020). The Effectiveness of Symbolic Modeling Learning to the Early Children’s Expressive Language Skills. Journal of Primary Education, 9(3), 267-277. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39747
The Effectiveness of Symbolic Modeling Learning to the Early Children’s Expressive Language Skills
Vol 9 No 3 (2020): May 2020
Submitted: Jul 22, 2020
Published: May 31, 2020
Abstract
Early children need language to express their ideas. Thus, they will need to master expressive language skills. This research aims to find out the effectiveness of the symbolic modeling learning model assisted by using a doll toward the early children’s expressive language skills. This is experimental research with a pretest-posttest control group design. The population of the research consisted of 30 children aged 5-6 years old in PGRI Sarimulyo and PGRI Sarimulyo 02 preschools. The data were taken by purposive sampling on 30 children aged 5-6 years old. The data collection technique was observation sheets of expressive language skills with a 1-4 liker scale. Wilcoxon test and the Mann Whitney test were applied to test the hypothesis. The result show that the symbolic modeling method assisted by a doll is effective for the students learning outcomes after being intervened. It proves that the symbolic modeling method assisted by a doll is effective to improve the expressive language skills of early childhood children at PGRI Sarimulyo Kindergarten