A’yun, S. N., & Subali, B. (2019). Sifat-Sifat Cahaya Dalam Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 75-79.
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21-28.
Alamanda, G. C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Perubahan Konseptual Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1), 28-34.
Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 4(1) 13-26.
Karsono, K., Alimah, S., & Bintari, S. H. (2020). Pemanfaatan Ragam Media Belajar Pada Materi Sains Di Sekolah Dasar. Bioeduca: Journal of Biologi Education, 1(1), 55-61.
Pendidikan, M., & Indonesia, K. R. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 5,1-6.
Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 1, 63-75.
Mulyati, D., & Nugrahani, F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Berbasis Media Flash Card Variatif Untuk Sekolah Dasar. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 9–18.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219-230.
Pakungwati, I. F., Ellianawati, E., & Fianti, F. (2018). Dampak Penguatan Apersepsi dan Pemberia Tugas Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3), 11-17.
Prasetyarini, A., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W. (2013). Pemanfaatan alat peraga IPA untuk peningkatan pemahaman konsep fisika pada siswa SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 2(1), 7-10.
Prasetyo, G., & Prasojo, L. D. (2016). Pengembangan adobe flash pada pembelajaran tematik-integratif berbasis scientific approach subtema indahnya peninggalan sejarah. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 54-66.
Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2016). Pengembangan media pembelajaran menggunakan adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 1-10.
Sugita, I., Liana, Y. R., Lestari, A. F., Rusilowati, A., & Subali, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika SMA. Physics Education Research Journal, 2(2), 141-150.
Hidayatullah, A. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Dan Media Pembelajaran Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 461–469..
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21-28.
Alamanda, G. C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Perubahan Konseptual Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1), 28-34.
Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 4(1) 13-26.
Karsono, K., Alimah, S., & Bintari, S. H. (2020). Pemanfaatan Ragam Media Belajar Pada Materi Sains Di Sekolah Dasar. Bioeduca: Journal of Biologi Education, 1(1), 55-61.
Pendidikan, M., & Indonesia, K. R. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 5,1-6.
Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 1, 63-75.
Mulyati, D., & Nugrahani, F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Berbasis Media Flash Card Variatif Untuk Sekolah Dasar. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 9–18.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219-230.
Pakungwati, I. F., Ellianawati, E., & Fianti, F. (2018). Dampak Penguatan Apersepsi dan Pemberia Tugas Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3), 11-17.
Prasetyarini, A., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W. (2013). Pemanfaatan alat peraga IPA untuk peningkatan pemahaman konsep fisika pada siswa SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 2(1), 7-10.
Prasetyo, G., & Prasojo, L. D. (2016). Pengembangan adobe flash pada pembelajaran tematik-integratif berbasis scientific approach subtema indahnya peninggalan sejarah. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 54-66.
Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2016). Pengembangan media pembelajaran menggunakan adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 1-10.
Sugita, I., Liana, Y. R., Lestari, A. F., Rusilowati, A., & Subali, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika SMA. Physics Education Research Journal, 2(2), 141-150.
Hidayatullah, A. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Dan Media Pembelajaran Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 461–469..
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
- Abstract viewed - 351 times
- PDF downloaded - 309 times
Affiliations
Mitasari Widyaningsih
SD N 1 Blimbing, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten
Samsudi Samsudi
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Ellianawati Ellianawati
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
How to Cite
Widyaningsih, M., Samsudi, S., & Ellianawati, E. (2020). Flash Interactive Media to Improve the Mastery of Light Properties Concept. Journal of Primary Education, 9(5), 482-492. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i5.42991
Flash Interactive Media to Improve the Mastery of Light Properties Concept
Vol 9 No 5 (2020): December 2020
Submitted: Dec 2, 2020
Published: Dec 31, 2020
Abstract
The purpose of this study is to analyze the effect of flash interactive media in improving students' understanding of concepts in elementary schools. This type of research was mixed methods with an embedded experimental model design. Quantitative data analysis techniques on the variable understanding of the concept, namely the results of the analysis of the students' pretest and posttest questions by using paired sample t-test. The results of the analysis are then triangulated with the qualitative Focus Group Discussion (FGD) data and the results of the interviews. This study involved 54 students who were selected by using the nonprobability sampling technique: purposive sampling. The population consists of 31 public schools and 13 private schools. The results of this study show a significant increase in the concept of understanding in the form of an increase in the average score understanding of concepts by 17.82%. According to questionnaire data that has been distributed, teachers and students respond very well to learning using the flash interactive media. Students' motivation to learn accompanies an increase in their understanding of concepts. It appears that the application of flash interactive media in science learning has a positive impact on increasing motivation that has an impact on increasing students' conceptual understanding.