PENGEMBANGAN MEDIA BANGUN MULTIFIKSI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS CERITA PENDEK SISWA SMP
Abstract
Dalam penelitian ini dikembangkan media alternatif pemacu ide dan pengembangan imajinasi. Penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan karakteristik media bangun multifiksi dan mendeskripsikan peningkatan kompetensi menulis cerpen siswa SMP setelah melakukan pembelajaran dengan bantuan media bangun multifiksi. Peneliti dilakukan dengan menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Uji keefektifan produk pengembangan dalam penelitian ini dilakukan di tiga SMP di kota Semarang. Karakteristik/ kekhasan media bangun multifiksi, meliputi kriteria media, prosedur pengembangan media, tahap pelaksanaan pengembangan media, dan cara penggunaan media. Penggunaan media bangun multifiksi disusun dalam sebuah buku panduan penggunaan media tersebut untuk pembelajaran menulis cerpen diselaraskan dengan tujuh langkah pembelajaran menulis cerpen. Hasilnya, media bangun multifiksi dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi menulis cerpen siswa SMP. Ujicoba di tiga lokasi menunjukkan keefektifan media berdasarkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa 98.31%.
This research employs the development of alternative media and imagination development. The purpose of this study is to produce the characteristic multifiction shape media and to describe the improvement of short story writing skill of junior high school students after the learning activity involve the multifiction shape media. This study is regarded as research and development study. The effectiveness test of this development product is conducted at three junior high schools in Semarang. The characteristic of multifiction shape media consist of criteria of the media, the media development procedure, the implementation of media development stage, and the way to use the media. The use of multifiction shape media is compiled in a guidance book to teach short story writing along the seven way to teach short story writing. The result of this study shows that multifiction shape media can be used to improve the junior high school students’ ability to write short story. The effectiveness test of the media shows the media is effective with the students’ average score is 98.31%.