SUPERVISI PENGAJARAN DENGAN TINDAK LANJUT PEMBINAAN DIALOGIS KOLEGIAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Abstract
Pengawasan Pengajaran didefinisikan sebagai proses memberikan bantuan profesional kepada guru untuk meningkatkan kemampuan guru mengelola proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses belajar subjek sains di SMP mengajar instrumen SMA mempekerjakan pengawasan dengan diskusi rekan yang sesuai dengan metode pengajaran guru dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan. Kendala penelitian tindakan adalah peningkatan subjek pengajaran sains di sekolah rekan pengawasan melalui SMP diskusi mengajar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan evaluasi untuk kegiatan mengajar subjek ilmu di Semarang SMP Negeri 29 Kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan proses ilmu subjek belajar. Bukti adalah bahwa ada peningkatan kinerja guru dari siklus pertama sampai siklus kedua. Saya sarankan mengajar instrumen pengawasan dengan diskusi rekan untuk secara rutin dilakukan setidaknya pada awal semester karena dapat memperbarui proses pengajaran di sepanjang kondisi, situasi tertentu dan masalah guru.
Teaching supervision is defined as the process of giving professional help to the teacher to improve teacher’s ability to manage effective and efficient learning process. The purpose of this study is to improve the learning process quality of science subject at junior high school employing teaching supervision instrument with colleague discussion which is appropriate with the teachers’ teaching method in science subject. The constraint this action research is the improvement of teaching science subject at junior high school trough colleague discussion teaching supervision. The data collection method employs observation and evaluation to the teaching activity of science subject at SMP Negeri 29 Kota Semarang. The result shows that it can improve the learning science subject process. The evidence is that there is an improvement of teacher performance from first cycle to the second cycle. I suggest teaching supervision instrument with colleague discussion to be routinely conducted at least at beginning of semester because it can update the teaching process along the certain situation, condition and problem of the teacher.