Anwar, F., Ruminiati., & Suharjo. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa. Prosiding TEP & PDS. 7 (9): 1005-1013.
Daniel, F. (2017). Kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi Project Based Learning (PJBL) berpendekatan saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7-13.
Dunlosky, J. (2013). Improving Students’ Learning With Effective Learning Techniques: Promising Directions From Cognitive and Educational Psychology. Journal of Psicological Science. 14 (1): 4-58.
Effendy, M. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo. Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan Cendekia. 15 (2): 305-318.
Ekoningtyas, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Think Pair Share dipadu Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep IPA dan retensinya serta Sikap Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Sains. 1 (4): 332-342.
Falahudin, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi. 2 (2): 92-101.
Glynn, S.M. & Winter, L.K. (2004). Contextual Teaching and learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education. 16(2): 51-63.
Haryadi, E., Andreas, P., & Amin, R. (2015). Desain Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Problem Based Learning dalam Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Innovative Science Education. 4 (2): 1-7.
Hendracipta., Syachruroji., & Hermawilda. (2017). Perbedaan Hasil belajar Siswa Antara yang Menggunakan Strategi Inkuiri dengan Strategi Ekspositori. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 3 (1): 33-41.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1-10.
Kurniasih. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Sosial. 2 (2): 14-21.
Kusno. (2014). Pendekatan Pembelajaran Kurikulum 2013 (Bidang Matematika/IPA). Jurnal Kependidikan. 2 (3): 45-53.
Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.
Marzoan & Hamidi. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Journal An-nafs. 2 (1): 42-55.
Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39-43
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Nursahadah. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Candi Portibi. Jurnal MathEducation Nusantara. 2 (2): 120-126.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2 (2): 131-146.
Sani, R.A. (2014). Model Pembelajaran PjBL bagi Siswa. Jurnal Kependidikan. 3(2): 1-12.
Sagung, O., Wayan, L., & Nyoman, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Tanggung Jawab Belajar Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (3): 1-12.
Setyowati, A. B, Subali., & Mosik. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7 (1): 89-96.
Sujarwo, B., Purwadi, S., & Ali, S. (2016). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik, keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Disiplin terhadap Penyelesaian Masalah Matematika SD. Journal of Primary Education. 5 (1): 21-26.
Sunandar, M. A., Zaenuri, Z., & Dwidayati, N. K. (2018). Mathematical Mathematical Problem Solving Ability Of Vocational School Students On Problem Based Learning Model Nuanced Ethnomatematics Reviewed From Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 1-8.
Wibowo, H. A. (2015). Kearifan Lokal Dalam Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus). Journal of Educational Social Studies. 01(1): 25-30.
Widyatini, T. (2014). Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek ) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Jurnal Kependidikan. 3 (1): 12-17.