Budiarti, W. N., & Haryanto, H. 2016. Pengembangan media komik untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233-242.
Dilamsyah, M., & Subrata, H. 2020. Pengembangan Media Pusarawa (Puzzle Aksara Jawa) Untuk Keterampilan Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas Iii SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 1-10.
Fakhruddin, D., Sachari, A., & Haswanto, N. 2019. Pengembangan Desain Informasi dan Pembelajaran Aksara Jawa melalui Media Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 1-23.
Faozan, N. A., & Wagiran, W. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Tanggapan Deskriptif Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Dengan Media Foto Pada Peserta Didik Kelas Vii D SMP Negeri 01 Ungaran. Lingua, 12(1), 83-91.
Fatima, W. Q., Khairunisa, L., & Prihatminingtyas, B. 2020. Metode Pembelajaran Berbasis Game Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Dan Menulis Aksara Jawa. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 17-22.
Hafid, A., & Firman, F. 2019. Sepeda Pintar (Sekolah Peduli Kokoda Pintar): Pemberantasan Buta Aksara Siswa Sekolah Alam Natikorae Usili Aimas Kabupaten Sorong. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 2(1), 22-30.
Hidayati, R., Suyitno, Y. P., & Artharina, F. P. 2019. Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112-116.
Ikasanti, H. A., Umam, N. K., & Marzuki, I. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Membaca Aksara Jawa Pada Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 5(1), 1-12.
Irawan D. 2017. Developing Process Approach-Based Reading Textbook for Grade IV Students. Jurnal Prima Edukasia. 5 (2) 139-150.
Kholiq, A., & Luthfiyati, D. 2018. Tingkat membaca pemahaman siswa SMAN 1 Bluluk Lamongan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-11.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12.
Kurniati, E. 2014. Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa Integratif Berbasis Folklore Lisan Sebagai Wujud Konservasi Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 23 (2), 97-106.
Kurniati, E. 2015. Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa SD yang Integratif Komunikatif Berbasis Folklore Lisan sebagai Wujud Konservasi Budaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2), 1-10.
Maskur, R., Permatasari, D., & Rakhmawati, R. M. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 78-87.
Miranda, M., Hasan, M., Ahmad, M. I. S., Tahir, M. I. T., & Dinar, M. 2021. Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Sekolah Dasar Berbasis Kewirausahaan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 231-238.
Noor, A., & Halidjah, S. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(06),1-10.
Nurati, D. E., & Pramono, J. 2018. Meningkatkan SDM Masyarakat Melalui Pelatihan Pambyawara di Pawiyatan Mangesti Budoyo dan Pawiyatan Manunggal Makarti Mulyo Desa Makamhaji Kartasura Sukoharjo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 1-14.
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. 2017. Peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51-62.
Pertiwi, I. D., Indiatmoko, B., & Supriyanto, T. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Upacara Adat Berbasis Android di SMK Panca Bhakti Banjarnegara. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(1), 61-70.
Perwitasari N & Djukri D. 2018. Developing Thematic-Integrated Module Based on Guided Discovery to Improve Critical Thingking and Student Science Attitude. Jurnal Prima Edukasia, 6 (1) 44-55.
Rahman, B., & Haryanto, H. 2014. Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.
Rustanti, A. P., Mulyono, H., & Daryanto, J. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Teams Games Tournament Berbasis Media Rotar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(8).
Rustanti, A. P., Mulyono, H., & Daryanto, J. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Teams Games Tournament Berbasis Media Rotar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(8),1-10.
Safitri, V., & Dafit, F. 2021. Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356-1364.
Salim, M. 2017. Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Perwujudan Ikatan Adat-Adat Masyarakat Adat Nusantara. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(1), 65-74.
Sanjaya, A. 2016. Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1),1-10.
Sari, R. N., & Subrata, H. 2018. Efektivitas Penggunaan Kartu Pintar Jawa (KAPIJA) dalam Penerapan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV SDN Babatan 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 829-838.
Setiyadi, D. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika dengan Permainan Tradisional Banyumas pada Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 9(1), 30-38.
Setiyadi, D., Fortuna, D., & Ramadhan, A. B. 2022. Pemanfaatan Video Kreatif dan Media Sosial Youtube sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 31-42.
Setiyadi, D., Munjaji, I., & Naimah, N. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Pada Tingkat Sekolah Dasar Dengan Satuan Hitung Tidak Baku Khas Banyumas. Jurnal Eduscience (JES), 9(1), 227-234.
Setiyadi, D., Rohyana, H., & Muttaqin, M. F. 2022. Media Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 3(2), 1-10.
Setiyadi, D., Zaenuri, Z., & Mulyono, M. (2018). The Problem Based Learning Model with Etnomatematics Nuance by Using Traditional Games to Improve Problem Solving Ability. Journal of Primary Education, 7(2), 176-186.
Setyaningrum, R. M., Alfiah, A., & Sulanjari, B. 2020. Kemampuan Menulis Paragraf Aksara Jawa Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Kautsar Semarang Tahun Ajaran 2019. In Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Budaya Daerah, dan Pembelajarannya, 1(1), 192-201.
Setyawati, B. M. 2019. Media Pembelajaran “Si Sidol” Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Aksara Jawa Kelas Viia Di Smp Negeri 4 Wates. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(2), 395-416.
Silviarista, M., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. 2018. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile untuk mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa Kelas VIII SMP. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 22-27.
Solikhun, S., Safii, M., & Trisno, A. 2017. Jaringan Saraf Tiruan Untuk Memprediksi Tingkat Pemahaman Sisiwa Terhadap Matapelajaran Dengan Menggunakan Algoritma Backpropagation. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 1(1), 24-36.
Suryanto, Zulela M.S, Norrnia A, Iasha V. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Tentang Pengukuran Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (2), 1-10.
Susilowati, G., & Setiawan, D. 2019. Pengembangan Media Flash Card Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. Joyful Learning Journal, 3(1), 149-153
Sutarsih, S. 2015. Pembelajaran menulis Aksara Jawa anak kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Aksara, 27(1), 65-72.
Ulya, R. 2020. Serat Kadis dalam Kajian Filologis. Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa, 8(1), 45-53.
Wardhani, R. S., & Hartono, H. (2021). The Evaluation of Character Education Strengthening Program Based on Kemataraman Culture at Elementary School in Kulon Progo Regency. Journal of Primary Education, 10(3), 271-283.
Wulandari, Y. D., Poerwanti, E., & Isbadrianingtyas, N. 2018. Pengembangan Media Perdasawa (Permainan Dakon Aksara Jawa) Mata Pelajaran Bahasa Jawa pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 75-87.
- Abstract viewed - 315 times
- PDF downloaded - 322 times
Affiliations
Dika Prestama
Pascasarjana UNNES
Agus Nuryatin
Universitas Negeri Semarang
Wagiran Wagiran
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
The Effectivity of “Sinau Aksara Jawa (Sadewa)” Module in Improving Aksara Jawa Reading and Writing Skills
Vol 11 No 1 (2022): March 2022
Submitted: May 26, 2022
Published: Mar 30, 2022
Abstract
According to the observation results of Javanese Language subject matter on Aksara Jawa learning materials in 3rd grade of SDN Plalangan 03, it was found that most of students have an inability to focus on the subject materials when learning Aksara Jawa that were taught by the teacher. Students are less motivated in learning aksara Jawa. The usage of learning media and resources to convey the learning material still less varied so that reading and writing skills are lessoptimum. The purpose of this research is the effectivity of Sinau Aksara Jawa (Sadewa) module in improving Aksara Jawa’s reading and writing skills. The samples of this research are 3rd grade students of SDN Plalangan 03 and SDN Pakintelan 03. The sampling that used in this research is simple random sampling. The research data were collected through a test of Aksara Jawa’s reading and writing skills. The data were analyzed through mean difference test in SPSS application that called paired sample t-test. The results of this research revealed that there is significant difference between the pretest and posttest results of reading and writing test skills using Sinau Aksara Jawa (Sadewa) module. According to the results, the working hypothesis (Ha) were accepted which means the Sinau Aksara Jawa (Sadewa) module is effective in improving the reading and writing skills of 3rd grade students.