PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT PRAKTIKUM BERVISI SETS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengukur keterampilan proses sains kelas IV melalui penerapan perangkat pembelajaran yang valid, efektif dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tekaran dan SD N 1 Wonogiri, Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi, dan angket. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kualitatif, analisis ketuntasan klasikal, analisis ketuntasan rata-rata uji t, analisis uji banding sample t test, dan analisis peningkatan uji Normalized Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai validator untuk silabus, RPP, LKS, Buku Petunjuk Praktikum Bervisi SETS dan tes Pemahaman Konsep dengan nilai berturut-turut adalah 35; 112; 61; 28; 34 dan 37. Rata-rata presentase respon guru sebesar 85% dan rata rata respon siswa sebesar 86%. Rata-rata Pemahaman Konsep siswa  kelas eksperimen 82 melebihi batas KKM 68, sehingga tuntas secara klasikal dan individual. Rata-rata Pemahaman Konsep siswa kelas eksperimen adalah 82 lebih baik dari kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 74. Uji Normalized Gain menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep sebesar 50,2 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran valid, efektif, dan praktis.
The research aims for measuring science process skills of the fourth grade students through the implementation of valid, practical, and effective.  Practical Work that feature SETS Vision. The research was a research and development type with 3D model. The subjects of this study are fourth grade students of SD Negeri 1 Tekaran and SD Negeri 1 Wonogiri. The data was collected through interview, test, observation, and questionnaire. The data analysis was using t test, and analysis of the increase through N Gain. The result shows that the average of validator scores for syllabus, lesson plan, student worksheet, Practical work guide book, performance assessment rubric, and science process skills test, respectively, are 35; 112; 61; 28; 34 dan 37. The average percentage of teacher positif responses are 85 % and students positif responses are 86 %. The average of conceptual undersatnding of the student in experiment class is 82 and the control class is 74 and twhich is above the Minimal Criteria for Mastery 68. N Gain test showed an increasing in student conceptual undersatnding by 50,2 % in experiment class. Therefore, it can be concluded accordingly that instrumens learning  is valid, practical to use and effective in its application.