PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JEIS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model cooperative learning tipe JEIS berbantuan CD pembelajaran yang valid. Perangkat yang dikembangkan bermuatan jigsaw serta enaktif, iconik, dan simbolis serta pengembangan CD pembelajaran. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKS, perangkat penilaian dan CD pembelajaran. Model pengembangan penelitian ini adalah 4-D yang terdiri dari define, design, dan development. Pengujian produk skala luas menggunakan desain eksperimen dengan kelompok control, menggunakan analisis 1) uji t ketuntasan rata-rata, 2) uji propors   3) uji t untuk uji banding peningkatan hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran berkriteria valid dengan skor nilai rata-rata 2,97. Hasil analisis sikap ilmiah sebesar 0,58, artinya peningkatan sikap ilmiah pada kategori sedang. Terjadi peningkatan hasil belajar kognitif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 0,68 dan berada pada kategori sedang. Rata-rata hasil belajar kognitif yakni sebesar 70 dengan nilai rata-rata 84,87 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 95,7%, dan hasil belajar kognitif lebih dari belajar kognitif siswa setelah menggunakan model konvensional. Rata-rata skor total respon siswa adalah 83,91 atau sebesar 83,91%  kategori sangat baik dan positif.
The purpose of this study to generate the type of cooperative learning model learning CD-assisted learning JEIS valid. The device developed charged jigsaw and enaktif, iconik, and symbolic as well as the development of learning CD. Learning device consists of a syllabus, lesson plans, teaching materials, worksheets, assessment tools and instructional CD. Model development of this research is a 4-D which consists of define, design, and development. Wide-scale product testing using experimental design with a control group, using analysis 1) t test average completeness, 2) test propors 3) t test for comparisons of cognitive learning outcome. The results show a valid learning device with average scores of 2.97. The results of the analysis of the scientific attitude of 0.58, meaning that the increase in the scientific attitude in the medium category. An increase in the cognitive learning characterized by increased yield of 0.68 and cognitive learning in middle category. Average cognitive learning outcomes which amounted to 70 an average value of 84.87 with a percentage of 95.7% classical completeness, and cognitive learning outcomes of students' cognitive learning after using the conventional model. The average total score student responses is 83.91 or 83.91% of the category of very good and positive.