PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FENOMENA ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis fenomena alam dengan pendekatan induktif, mengkaji peningkatan pemahaman konsep, keterampilan generik dan kepraktisan bahan ajar. Penelitian ini penelitian pengembangan Model 4-D.Spesifikasi produk dikembangkan adalah bahan ajar berbasis fenomena alam dengan pendekatan induktif .Validitas pengembangan bahan ajar mendapat skor 3,26 terdapat pada interval 3,25 ≤ Va < 4,00 dalam kriteria sangat valid dibuktikan dengan rata-rata penilaian validator tingkat validitas silabus sebesar 3,19 (valid), RPP sebesar 2,97 (valid), dan alat evaluasi sebesar 3,48 (sangat valid). Aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh 83,44% pada interval 81,26–100 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar pemahaman konsep setelah pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test dengan thitung = 4,2976 > ttabel = 2,131 yang berarti melebihi KKM = 65, serta mencapai ketuntasan belajar klasikal dibuktikan dengan hasil Zhitung = 1,218 > Ztabel = 0,882 atau 75%. Hasil uji t untuk data hasil belajar dari kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 0,7421> ttabel = 0,032 rata-rata hasil belajar pada kelas eksperiman lebih tinggi dari kelas kontrol. Keterampilan generik siswa meningkat. Kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan memberikan 100% respon positif.
The purpose of this research is to develop teaching materials based on natural phenomena with an inductive approach, assessing an improved understanding of the concept, the generic skills of students, and the practicality of teaching materials. This research is the development of 4-D model modified from the research developed by Thiagarajan (1974). Product specifications are developed based teaching materials of natural phenomena with an inductive approach. Understanding of the concept of learning outcomes after learning experience significant improvement evidenced by the results of paired samples t-test with t = 4.2976> table = 2.131 which means exceeding KKM = 65, and achieve mastery learning classical evidenced by the results Zhitung = 1.218> Ztabel = 0.882 or 75%. The results of the t test for learning outcomes data from the experimental class and control class values ​​obtained t = 0.7421> table = 0.032 which means that the average learning outcomes in experimental class is higher than the control class. Generic skills of students increased. Practicality teaching materials developed to provide a 100% positive response.