PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMA LINGKUNGAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT
Abstract
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pengembangan perangkat pembelajaran tema lingkungan dengan model kooperatif tipe TGT pada siswa kelas III sekolah dasar telah divalidasi oleh dua validator. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukan hasil valid. (2) Perangkat pembelajaran dengan model kooperatif tipe TGT pada pembelajaran dengan tema lingkungan dikatakan efektif, karena terpenuhinya indikator keefektifan, yaitu: (a) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori baik,(b) Keterampilan proses berpengaruh terhadap prestasi belajar, dalam penelitian ini keterampilan proses menunjukan pengaruh26,3 % terhadap prestasi belajar, (c) Siswa merespon positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan, (d)Prestasi belajar siswa mencapai ketuntasan. (e) Ada perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yang menunjukan hasil tes prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu rata-rata kelas eksperimen 82,67 sedangkan dan rata-rata kelas kontrol 69,67. Maka terdapat perbedaan yang signifikan. Saran dari peneliti ialah supaya guru atau peneliti lain dapat menerapkan beberapa metode seperti TGT pada tema-tema lainnya.
The results of this study are as follows: (1) development of learning tools with the environmental theme TGT cooperative models in the third grade of primary school students have been validated by two validators. The results of the validation study showed valid results. (2) The type of cooperative learning model TGT on learning with an environmental theme to be effective, because the fulfillment of effectiveness indicators, namely: (a) the ability of teachers to manage the learning is in the good category, (b) Skills affect the process of learning achievement, in research this shows the influence of process skills of 26.3% on the learning achievement, (c) students respond positively to the learning device used, (d) student achievement achieve mastery. (e) There is a difference between the experimental class and the control class, which shows the results of an experimental class learning achievement test better than the control class is the class average of 82.67 while the experimental and the control class average 69.67. Then there is a significant difference. Suggestions from teachers or researchers is that other researchers can apply several methods such as TGT on other themes.