IMPLEMENTASI MODEL CIRC PADA KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak implementasi model kooperatif
tipe CIRC terhadap kemampuan menulis rangkuman matematis. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dipilih dengan teknik sampling
jenuh. Kelompok diberi perlakuan pembelajaran model kooperatif tipe CIRC dan
dibedakan kelas homogen dan heterogen. Pengambilan data diperoleh dengan
metode dokumentasi, tes, angket, dan observasi, dan dianalisis dengan ANOVA dua
jalur. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan kemampuan
menulis rangkuman matematis peserta didik SD yang memperoleh pembelajaran
matematika menggunakan model kooperatif tipe CIRC antara kelompok homogen
dan kelompok heterogen, (b) terdapat perbedaan kemampuan menulis rangkuman
matematis peserta didik SD yang memperoleh pembelajaran matematika
menggunakan model kooperatif tipe CIRC antara kelompok bawah dan kelompok
atas, (c) terdapat interaksi kemampuan menulis rangkuman matematis antara
model kooperatif tipe CIRC antara kelompok homogen dan kelompok heterogen
dengan kemampuan awal peserta didik SD, dan (d) pembelajaran menggunakan
model kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan disposisi matematis peserta didik
SD.
Abstract
The purpose of this study to determine the impact of the implementation of cooperative
models of CIRC to write a summary of mathematical ability. This study uses a quantitative
approach. The sample was selected with saturation sampling technique. Treated group
cooperative learning models and differentiated CIRC homogeneous and heterogeneous classes.
Retrieval of data obtained by the method of documentation, tests, questionnaires, and
observations, and analyzed by two ways ANOVA. The results obtained are as follows: (a) there
are differences in the ability to write summaries elementary mathematical learners acquire
mathematical learning using cooperative model of CIRC between the homogeneous and
heterogeneous groups, (b) there are differences in the ability to write summaries elementary
mathematical learners acquire mathematical learning CIRC cooperative model between
the bottom and top of the group, (c) there is no interaction between the ability to write a
summary of mathematical models of CIRC type cooperative between the homogeneous and
heterogeneous groups with the ability of early elementary school students, and (d) cooperative
learning type CIRC increasing disposition elementary mathematical learners.