Abstract

Abstrak
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Outdoor Learning berbasis Inkuiri
Terbimbing bermuatan nilai karakteradalah pembelajaran yang dilaksanakandi
Kebun sekolah untuk melatih siswamenemukan dan memecahkan masalah ,
menggali aktivitas, potensi  rasa ingin tahu siswa tentang materi Bumi dan Alam
Semesta.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaraan
yang valid dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran dimulai dengan
mengembangkan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, bahan ajar dan alat
evaluasi.Variabel penelitian ini adalah motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa.
Hasil validasi perangkat dinyatakan valid . Hasil validasi ahli diperoleh rata-rata skor
3,31 dari skor tetinggi 4.Implementasi pembelajaran efektif, meliputi: ketuntasan
belajar siswa secara individu mencapai  KKM=70 maupun ketuntasan klasikal
mencapai 73,8%, nilai karakter rasa ingin tahu siswa mulai berkembang sebanyak
74,2%, aktivitas siswa  mencapai kategori sangat baik pada indikator mencari
berbagai macam tanah dan batuan, motivasi dan aktivitasmempengaruhi hasil
belajar siswa secara bersama sebesar 77,8%, ada perbedaan rata-rata hasil belajar
siswa yang menggunakan perangkat yang dikembangkan mencapai 79,3dengan
siswa yang tidak menggunakan perangkat yang dikembangkan hanya mencapai
rata-rata 68,7.Dari keseluruhan hasil yang dicapai diharapkan memberikan nilai
lebih untuk membantu para pendidik dalam memberikan pembelajaran IPA yang
menarik, menyenangkan dan mudah dipahami untuk meningkatkan hasil belajar
siswa.