Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran MetaTPS dengan mengetahui
karakteristiknya dalam meningkatkan kemandirian belajar
siswa,menguji kevalidan, menentukan keefektifan
perangkat pada mata pelajaran IPA materi Daur Air dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa, dan mendeskripsikan hasil kemandirian belajar IPA di SD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Jamblang Kecamatan Jamblang dan SDN Klangenan 4 Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman lembar validasi  perangkat pembelajaran strategi Meta-TPS, lembar observasi, kuisioner,wawancara dan tes. (pertemuanke-1
dan pertemuan ke2). Pengolahan data penelitian menggunakan deskriptif penilaian dan uji-T. Hasil menunjukan pengembangan
strategi Meta-TPS dalam pembelajaran IPA lebih baik daripada
pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan strategi TPS. Melalui pembelajaran IPA
dengan menggunakan strategi Meta-TPS mampu meningkatkan
kemandirian belajar siswa dengan memperoleh N-gain sebesar 0.75 lebih tinggi dibanding dengan siswa yang tidak menggunakan perangkat pengembangan sebesar
0.14. Rerata prosentase kemandirian belajar
siswa pada kelas eksperimen adalah 85,1, sedangkan untuk kelas kontrolnya adalah 68,7. Dengan nilai t=2,520 dan signifikansi 0,027, jadi nilai t tabel adalah 2,493. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pengembangan strategi Meta-TPS mampu meningkatkan kemandirian belajar IPA
siswa.