Abstract

abstrak

Tujuan penelitian untuk mengembangankan perangkat pembelajaran DISCO
(Discovery & Course Review Horay) guna mengetahui bentuk/karakteristik, kepraktisan,
serta keefektifan dari perangkat pembelajaran. Metode pengembangan dari penelitian
ini menggunakan metode 4D (Define, Designe, Develope, dan Disseminate). Penelitian
dilakukan dengan metode eksperimen dengan teknik percobaan perbandingan
sempurna dengan pretest, pemberian perlakuan berbeda, dan posttest. Hasil penelitian
bahwa bentuk dan komponen perangkat pembelajaran DISCO  valid. Hasil validasi
ahli, silabus berkategori baik,  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkategori
baik, bahan ajar berkategori sangat baik, dan alat penilaian berkategori baik. Aktivitas
siswa memperoleh persentase 86%. Hasil belajar kognitif  kelompok eksperimen
memperoleh rerata 83 dan kelompok kontrol 69. Berdasarkan uji t diperoleh nilai
t hitung 4,906 > t tabel 2,039, taraf  signifikansi 0,000<0,5 maka dapat disimpulkan
ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, dengan kelas
eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil belajar afektif  mencapai 79%. Hasil
belajar psikomotor berkategori baik. Respon  siswa terhadap pembelajaran mendapat
rerata 3,3. Jadi dapat disimpulkan bentuk dan karakteristik perangkat pembelajaran
DISCO valid, praktis dan efektif  digunakan pada materi lagu daerah nusantara kelas
5 Sekolah Dasar kurikulum 2013.

abstract

Conducted research for the development of  learning tools DISCO (Discovery & Course Review
horay) with 4D design with the aim of  knowing the shape, caracteristics, practicality, and
effectiveness of  the learning device. The study was conducted with an experimental method with
perfect technique comparison with the pretest trial, giving different treatment, and posttest. The
results of  the study indicate that the shape and learning the components DISCO valid. expert
validation results, syllabus categorized either, RPP categorized good value, Excellent teaching
materials categorized, Good assessment tool category. Activity students are in both categories
with 86% percentage. Cognitive achievement gain experimental group and the control group
averaged 83 69. Based obtained by t test t value 4.906> 2.039 t table, significance 0.000 <0.5,
it can be concluded that there is a significant difference between the experimental and control
classes, with better experimental class . The results showed that the affective learning of  positive
responses reached 79%. Psychomotor learning outcomes of  all groups received either category.
The response of  students in learning gets a mean 3.3. Conclusion the study shows that the shape
and DISCO’s caracteristic’s valid, practical and effective to use on the track material archipelago
5th grade elementary school 2013 curriculum