PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBENTUK KOMIK DENGAN KARAKTER NASIONALISME BERBASIS ATONG PADA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Pengembangan bahan ajar berbentuk komik berkarakter Nasionalisme berbasis
ATONG ini didasari masalah bagaimana mengembangkan bahan ajar yang menarik,
sehingga berdampak positif terhadap aktivitas, hasil belajar, dan menamkan nilai
karakter Nasionalisme pada peserta didik. Penelitian ini merupakan R&D dengan
desain penelitian Posttest-Only Control Design Subyek penelitian ini yaitu peserta didik
kelas VA, VB, dan VC SD N Krapyak tahun pelajaran 2013/2014. Validasi penelitian
ini melibatkan ahli media komik, dan materi. Hasil penelitian pembelajaran IPS
menggunakan bahan ajar tersebut, menunjukkan perbedaan hasil aktivitas peserta
didik kelas eksperimen > kelas kontrol dibuktikan dengan skor pengamatan yang
rata-rata skor > 25-32,5 kategori baik. hasil belajar peserta didik kelas eksperimen
> kelas kontrol dibuktikan dengan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) 0,000 pada uji-t, dan
menanamkan nilai-nilai Nasionalisme pada kelas eksperimen dibuktikan dengan skor
pengamatan yang rata-rata 12,5 ≤skor≤ 17,5 kategori baik. Penelitian ini menghasilkan
bahan ajar berbentuk komik dengan karakter Nasionalisme berbasis ATONG.
Abstract
Development of teaching materialsin the form ofa comic Nationalism character-based Atongis
based on the problemof howto develop interest teaching materials, so that it creates a positive
impact on activities, learning outcomes, and the value ofthe character, embed Nationalism
character valueson the students. This studyis anR&Dresearch designPosttest-Only ControlDesign.
The subjectsof this studywereVA, VB, andVC classes ofSDNKrapyak2013/2014school year.
The validation ofstudy wasinvolvingcomicexperts and media, andmaterials. The results of
IPS studiesusing that materials, indicatingdifferent results ofthe activity ofthe experimental
classstudents >control classwhich were evidenced bythe observation score in averagescore of>25
- 32.5either a good category. Student learning outcomes ofexperimental class>Â controlclasswith
theevidencedAsympvalue. Sig. (2 tailed) 0.000 int-test, andembedthe values ofnationalismin
theexperimental class was evidenced bythe observation score in average12.5≤score≤17.5
including a good category. This studyproducesteaching materialsin the form ofa
comicwithnationalismcharacter-based, ATONG.