Abstract

abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Model Pembelajaran dan Pelaksanaan
Model Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng, Mengetahui efektifitas
Model pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng. Jenis penelitian adalah
Penelitian Pengembangan (Research and Development). Metode pengumpulan data
menggunakan: (1) observasi (2) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan:
(1) Model pembelajaran permainan ini diantarkan dengan adanya cerita kisah
permainan cublak-cublak suweng yang dilakukan oleh guru dengan bantuan poster,
tema yang diambil tentang negaraku dengan subtema suku bangsa, yang bertujuan
menanamkan nilai-nilai budaya sejak dini, bernyanyi bersama dan menebak (2)
pelaksanaan model pembelajaran dilakukan dua pertemua sesuai dengan perangkat
pembelajaran, hasil rata-rata skor indikataor kecakapan sosial anak mengalami
peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. menunjukan  bahwa ratarata
sikap toleran 2,51(kurang baik) menjadi 2,87 (baik), sikap gigih skor rata-rata  diperoleh 2,49 (kurang baik) menjadi 2,95 (baik), kerjasama skor rata-rata diperoleh 2,55 (baik) menjadi 2,85 (baik), interaksi dan komunikasi diperoleh skor rata-rata 2,64 (baik) menjadi 2,91(baik) (3) Keefektifan model pembelajaran kecakapan sosial  anak menggunakan permainan cublak-cublak suweng berbantuan poster pada anak kelompok B di kecamatan ngaliyan efektif. Keefektifan ini ditujukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan t tes.