Abstract

Pembelajaran IPA di SMP RSBI Blora belum menekankan keterkaitan antara sains, teknologi, lingkungan dan masyarakat juga mengembangkan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah  mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berpendekatan SETS berkarakter materi Klasifikasi Zat untuk siswa SMP RSBI yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian pengembangan (R & D) ini terdiri atas 4 tahap yaitu tahap pengembangan, validasi, uji coba skala terbatas, dan uji coba skala luas. Data validitas perangkat pembelajaran dianalisis dengan deskripif persentase. Data hasil belajar dianalisis dengan deskriptif persentase dan uji t-test berpasangan. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan gain ternormalisasi. Hasil hitung t-test satu sampel menunjukkan harga t hitung > t tabel sehingga Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran IPA berpendekatan SETS berkarakter valid dengan rerata nilai validator 3,56 pada kategori sangat baik. Implementasi perangkat pembelajaran IPA berpendekatan SETS berkarakter efektif untuk mencapai ketuntasan kerjasama, kreatif, peduli lingkungan dan pemahaman karena mencapai ketuntasan klasikal ≥ 80%, rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari rerata hasil belajar kelas kontrol, dan hasil perhitungan perbedaan signifikan dengan t-test berpasangan thitung> t tabel. Penerapan perangkat pembelajaran IPA berpendekatan SETS berkarakter praktis ditinjau dari rerata respons siswa dan guru terhadap pelaksanaan pembelajaran mencapai kategori tinggi

Science learning in International Standart of Junior high School at Blora are not dependability between science, technology, environment and society and always develop character educates. The purpose of this research  is to develop science learning instrument using SETS with character for Matter Classification material that  validity, effective and practise. The research was carried out by using the Research and Development  (R&D) method. Reseach and development   stage consists of development stage, validation stage, test tries limited scale, and field test. Validity data of learning instrument is analyzed with deskripif percentage. Effectivity and practise of learning instrument are analyzed descriptively percentage and test t-test. The increasing of learning result  are counted with gain normalization. Hypothesis test uses t-test one sample. The counting result of t-test one sample shows the value tcount > ttable so that Ha accepted.The result of research showed, science instrument learning using SETS with character approach is valid with value average validator 3,56 in category very good. The application of learning  instrument is effective to achieve cooperation, creative, care environment and understanding because classical achievement  ≥ 80%, result average experiment  is more than the result average control class and the result of difference calculation significant with t-test is tcount > t table. The Science instrument learning using SETS with character approach is practise because students and teachers response average achieves hight category.