PENGEMBANGAN PERMAINAN BAVOS UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Abstrak
Permainan bola besar merupakan salah satu materi permainan dan olahraga yang bertujuan untuk mengembangkan koordinasi gerak peserta didik melalui aktivitas permainan beregu. Tidak semua sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes mengajarkan semua materi dalam permainan bola besar. Berdasarkan hal di atas, perlu dilakukan pengembangan permainan bola besar yang dapat mengembangkan keterampilan koordinasi gerak peserta didik. Prosedur pengembangan yang digunakan: 1) menganalisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli, 4) uji coba lapangan, 5) revisi produk, dan hasil produk pengembangan. Instrumen yang digunakan 1) data pengambilan denyut nadi, (2) kuesioner respon psikomotorik, kognitif, afektif peserta didik dengan angket, (3) pengamatan keefektifan teknik dasar yang digunakan dalam produk. Hasil penelitian ini telah ditemukan (1) produk permainan BAVOS, (2) keefektifan produk permainan dapat meningkatkan aktivitas fisik peserta didik, (3) permainan BAVOS ini dapat mengatasi keterbatasan alokasi waktu pembelajaran yang tersedia, (4) kompleksitas keterampilan koordinasi gerak. Simpulan penggunaan produk permainan BAVOS dalam pembelajaran memberikan pengaruh terhadap intensitas fisik, dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana, dapat mengatasi keterbatasan alokasi waktu pembelajaran serta memberikan pengalaman koordinasi gerak kompleks. Saran bagi guru Penjasorkes di SMP dapat menggunakan permainan ini di sekolah, dalam pembelajaran permainan bola besar SMP kelas VIII semester 2.
Abstract
Big ball game is one of the materials for game and sport. Not every school in teaching learning process of PE teaches all of the materials in big ball game. Based on the problems above, a mean of game which is able to optimize student’s movement coordination skill. Developing procedure which is used; 1) analyzing product 2) developing preliminary early product 3) expert validation 4) main-field test 5) product revision, and the outcome of product development. Instrument which is used; 1) the record of the pulse 2) questionnaire for the student response 3) observing. Result from the research were; 1) BAVOS games product 2) effectiveness of the games product, 3) BAVOS games could overcome the limitation of the time allotment, 4) complexity coordination movement. Conclusion from this research is that the use of BAVOS games product in learning PE for student gives the influence for student’s physical intensity. It can overcome the limit of the infrastructure, time allotment for teaching learning process. An advice for the PE teacher is recommended to use this game in their teaching and learning process, especially in teaching learning process of big ball games for the 2nd semester of 8th grade of Junior high school.