PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTORIK DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS AWAL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui : 1) Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran media terpadu dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar penjasorkes bagi peserta didik kelas awal, 2) Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan motorik dasar tinggi dan kemampuan motorik dasar rendah terhadap hasil belajar penjasorkes bagi peserta didik kelas awal, 3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan motorik dasar terhadap hasil belajar penjasorkes bagi peserta didik kelas awal. Populasi yang digunakan peserta didik kelas 2 semester 1 SD Negeri 1 Kebumen dan SD Negeri 7 Kebumen, sejumlah 68 peserta didik, sedangkan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive random sampling. Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Kebumen dan SD Negeri 7 Kebumen ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan analisis varians 2 jalan (two way ANOVA) kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey untuk menguji perbedaan sumber varians. Hasil pengujian hipotesis menunjukan; 1) Ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran media terpadu dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar penjasorkes; 2) Ada perbedaan pengaruh antara kemampuan motorik dasar tinggi dan kemampuan motorik dasar rendah terhadap hasil belajar penjasorkes; 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan motorik dasar terhadap hasil belajar penjasorkes.
Abstract
This research is done to know: 1) If there is a difference of influences of integrated media learning model and conventional learning model to the result of learning of physical education for early grade students; 2) If there is a differences of influences between low basic motoric ability to the rsult of learning physical education for early grade students; 3) If there is an interaction between learning model and basic motoric ability to the result of physical education for early grade students, This research that is done in State Elementary School 1 Kebumen and State Elementary School 7 Kebumen, sample is 24 students uses experimental method with varians analisis two way (two way ANOVA) plan, then is continued with Tukey test to examine the differences of the varians resource. The hipotesis examination result show; 1) There is a difference of influences of integrated media learning model and conventional learning model to the result of learning physical education; 2) There is a differences of influences between high basic motoric ability and low basic motoric ability to the result of learning physical education; 3) There is an ineteraction between learning model and basic motoric ability to the result of learning physical education