KONSEP DIRI, MOTIVASI KERJA, DAN KINERJA GURU PENJASORKES NON PNS NON SERTIFIKASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran konsep diri, motivasi kerja, dan kinerja guru penjasorkes non PNS non sertifikasi di wilayah kelompok kerja madrasah tsanawiyah 2 Mejobo Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumen. Subjek penelitian 7 guru penjasorkes non PNS non sertifikasi yang berada di wilayah KKMTs 2 Mejobo Kabupaten Kudus, data sekunder adalah rekan kerja dan keluarga. Metode pengumpulan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan/verifikasi. Disimpulkan bahwa faktor konsep diri yang paling berperan mempengaruhi kinerja subjek adalah faktor lingkungan keluarga dan rekan kerja. Sedangkan faktor motivasi kerja yang paling berperan adalah motivasi internal. Disarankan bagi para subjek agar menumbuhkan konsep diri positif, semangat bekerja, semangat berkreativitas dan beraktivitas, serta menambah semangat pengabdian.