EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PJOK
Abstract
SMP di Kabupaten Kendal telah melaksanakan Kurikulum 2013 selama tiga tahun. Mata Pelajaran PJOK mengalami penambahan satu jam pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendekripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 PJOK pada SMP di Kabupaten Kendal, (2) mengidentifikasi potensi, kelemahan, tantangan, dan hambatan pelaksanaan kurikulum, dan (3) menemukan solusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik dengan data primer hasil wawancara enam guru PJOK, kaur kurikulum, kepala sekolah, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal. Sumber data sekunder diambil dari dokumen sekolah berhubungan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 baik dari arsip bagian kurikulum, arsip bagian tatausaha, maupun dari data pelaksanaan kurikulum 2013 tentang kebijakan pemberlakuan kurikulum 2013. Hasil penelitian (1) pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 PJOK pada SMP di Kabupaten Kendal sudah dilaksanakan dengan baik, (2) potensi dalam aktivitas siswa, waktu pembelajaran, buku pembelajaran, kelemahan dalam teknik penilaian, sarana prasarana, hambatan dalam mengubah mindset guru, dan tantangan supaya siswa senang berolahraga. (3) Solusi pada sekolah mengaktifkan MGMP, bekerja sama dengan komite, dan Dinas Pendidikan mengadakan workshop dan pendampingan guru mata pelajaran. Simpulan Kurikulum 2013 di SMP sudah berjalan dan hambatan dapat diatasi baik dari dalam sekolah maupun luar sekolah dengan mencari solusi.