Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kurikulum di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi khususnya mata pelajaran Penjasorkes, implementasi, evaluasi, dan tindak lanjut evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, untuk menguji  keabsahan data menggunakan  triangulasi sumber dan teknik, teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan di pondok pesantren Askahbul Kahfi menggunakan kurikulum perpaduan antara kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan kurikulum  pomdok, perencanaan pembelajaran yang dilakukan dari membuat pemetaan sampai pada pembuatan RPP telah dilakukan namun masih ada yang perlu diperbaiki, implementasi penjasorkes sudah berjalan dengan baik walaupun banyak terpengaruh oleh kurikulum yang ada, evaluasi pembelajaran penjasorkes menggunakan evaluasi proses dan evaluasi hasil, sedangkan program pelaksanaan tindak lanjut hasil evaluasi guru hanya melaksanakan program remidial saja. Simpulan dalam penelitian ini adalah kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Aasakhabul Kahfi menggunakan kurikulum terpadu, implentasi Penjasorkes berjalan dengan baik, evaluasi pembelajaran menggunkan evluasi proses dan hasil, dan tindak lanjut hanya melakukan kegiatan remedial saja.  Saran yang dapat diberikan adalah:  Kepala dan guru mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan matang, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.

This study was aimed  to find out how the curriculum at Askhabul Kahfi boarding school especially physical,sports and health education subjects , learning implementation, learning evaluation, and follow-up  learning evaluation. This study was used descriptive qualitative method. technique of data collection used interview, observation and documentation. While the validity and authenticity of data sources using triangulation and techniques. The techniques of data analysis used qualitative data analysis which consists of three lines activities simulta. The result of data analysis showed that the curriculum at Askahbul Kahfi boarding schools using a combination  curriculum between ktsp curriculum and boarding schools curriculum, lesson plan is done from make the mapping to manufacturing lesson plan has done but improvement still needed, the implementation Physical, Sport and Health Education already runs well although influenced by the existing curriculum, learning evaluation Physical, Sport  Health and Education using evaluation process and outcome evaluation, meanwhile implementation and follow-up program of teacher evaluations only implement remedial course. Conclusion of this study  is the educational curriculum at Asakhabul Kahfi boarding schools using combination curriculum, implementation of Physical, Sport and Health Education runs well, the evaluation of learning using evaluatin process and results, and follow-up activities remedial only . Advice can be given are the headmaster should pay attention more to sports facilities and For teachers should prepare the learning maturity, so that learning objectives can be achieved.