Abstract

Leadership guru sangat penting dalam proses pembelajaran, karena dengan Leadership yang baik anak akan mencapai arah tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Leadership guru Penjasorkes di Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan dan Fungsi dan Peran dari leadership guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan dan dokumen. Latar penelitian meliputi SMP negeri di kabupaten OKU Timur. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru penjasorkes. Kesahihan data dengan cara triangulasi data. Data dianalisis dengan cara mengumpulkan data, menyajikan data, mereduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian pada enam sekolah dan sebelas guru olahraga ditemukan bahwa ada empat tipe leadership yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran PJOK, yaitu Demokratis, Lassez Fire, Otoriter, Militeris. Dari ke empat tipe tersebut kecenderungan guru olahraga menggunakan tipe leadership Demokratis. Leadership guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan mempunyai peran yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, dengan kepemimpinan yang tepat maka proses pembelajaran yang dilakukkan akan lebih meningkat dan tujuan dari pembelajaran akan tercapai. Penelitian ini merekomendasikan bahwa dalam terbentuknya Leadership guru dalam proses belajar mengajar penting untuk memperhatikan pengalaman mengajar guru, tingkat kesejahteraan, dan kompetensi yang dimiliki guru tersebut. Lingkungan yang mendukung juga merupakan satu faktor yang perlu diperhatikan, dan dalam proses pembelajaran guru hendaknya menerapkan tipe leadership demokratis.

Leadership of teachers is very important part in the learning process. It helps the students to gain the goals of learning. The purpose of this study was to describe and analyze the teacher leadership of physical education, sport and health in Ogan Komering Ulu (OKU) Timur regency, South Sumatera. This study used a qualitative approach. The data were collected by using interview, observation, and documentation techniques. The population was the principals and the teachers of physical education, sport and health at Junior High School (SMP). The validity of the data used data triangulation. The data were analyzed by using collecting, presenting, reducing the data, and drawing conclusions. The results showed that the teachers had democratic, Laissez Faire, military and authoritarian, of the four leadership types, teacher use the type of democratic.Teacher Leadership in the learning prosess of phycsical education sport and health have an important role in achieving the goal of learning, with the right leadership, student learning will be increased and the purpose of learning will be achieved. There were some important parts to build good leadership of teachers in the learning process such as teaching experiences, welfare, and competencies. Besides that, a good and conducive environment is also supporting factor that needs to be considered, and in the learning process teachers should apply the type of democratic leadership.