Identifikasi Bakat Olahraga pada Siswa Sekolah Dasar Negeri di Desa Manonjaya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menseleksi anak-anak usia dini yang mengikuti pendidikan di Sekolah Dasar sedemikian rupa sehingga bisa teridentifikasi potensinya yang paling tinggi dalam sesuatu cabang olahraga secara umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bersifat eksploratif. Populasi penelitian adalah siswa siswi kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Manonjaya Tasikmalaya, sampel sebanyak 89 orang yang diambil dengan cara berstrata, proporsi, dan acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan tes-tes pemanduan bakat atau identifikasi bakat yang sudah baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakat siswa siswi kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Manonjaya Tasikmalaya cukup potensial sebagai calon atlet untuk dikembangkan dalam sesuatu cabang olahraga secara umum. Simpulan, hasil mengidentifikasi bakat olahraga siswa SD Negeri di Desa Manonjaya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya adalah cukup potensial sebagai calon atlet serta didukung oleh peran serta orang tua sehingga dapat dikembangkan dalam semua cabang olahraga secara umum atau yang diminatinya. Para guru Pendidikan Jasmani dan pelatih, masyarakat, induk cabang olahraga dan KONI untuk mengembangkan identifikasi bakat olahraga lebih lanjut guna kepentingan olahraga prestasi.
The general objective of this study was to select an early age children who enroll in primary school in a way that could be identified as our highest potential in something sports in general. The method used in this research is descriptive explorative. The study population is students of State Elementary School 5th grade Manonjaya Tasikmalaya, a sample of 89 people were taken by the stratified, proportions, and random. Instruments used in this research is to perform tests scouting talent or talent identification is standard. The results showed that the talent of students of State Elementary School 5th grade Manonjaya Tasikmalaya considerable potential as a prospective athlete to be developed into something the sport in general. Conclusion: The results identify sporting talent in the Village Elementary School students Manonjaya Manonjaya District of Tasikmalaya Regency is considerable potential as a prospective athletes and supported by the participation of parents that can be developed in all branches of sport in general or interest. Physical Education teachers and coaches, community, sports parent and KONI to develop sports talent identification more for the interests of sporting achievement.