Abstract

Abstrak

Buku teks Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran Penjasorkes siswa SMP, sehingga mutu dan penyajian buku teks harus yang berkualitas demi pencapaian hasil belajar siswa yang maksimal. Kelayakan isi dan penyajian menjadi faktor penentu kualitas buku tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan isi dan kelayakan penyajian Buku Sekolah Elekronik (BSE) Penjasorkes SMP Kelas VIII di Kota Semarang. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif  dengan teknik analisisisi. Sampel pada penelitian adalah 2 BSE Penjasorkes Kelas VIII SMP. Insrumen dalam penelitian adalah Instrumen penilaian buku teks Penjasorkes SMP. Berdasarkan analisis hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kelayakan isi BSE Penjasorkes buku 1(karangan Sri  Wahyuni, Sutarmin, Pramono) memperoleh skor 81,94% yang termasuk dalam kriteria sangat baik,sedangkan kelayakan isi BSE Penjasorkes buku 2 (karangan Jaja Suharja, Husdarta,dan Eli Maryani) memperoleh skor 77,78% yang termasuk dalam kriteria baik. Dalam hasil analisis kelayakan penyajian BSE Penjasorkes buku 1 memperoleh skor  86,63%yang termasuk dalam kriteria sangat baik, sedangkan kelayakanpenyajian BSE Penjasorkes buku 2 memperoleh skor 87,21%yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Simpulanberdasarkan dari hasil penelitian adalah1)kelayakan isi BSE penjasorkes buku 1 dan 2 termasuk dalam kategori sangat baik dan baik.

Abstract

The Physical Education (PE) teks book is important in its learning process of  junior highSchool Students so that it has to be good feasibility of  contents and presentation for the maximumresultof learning process. The feasibility contain and presentation become the importantfactor of the quality of  the book. The purpose of  this research are to know feasibilitycontains and presentation PE electronic book school for VIII years students of  Junior HighSchool. This research is descriptif  kuantitatif  with content analysis tekhnic. The sample is 2electronic book school PE for VIII years students Junior High School. The instrument is usedin this research is the instrument of  the text book Based on the research that was done, it wasshown that the feasibility content of  the first electronic book school of  PE (by Sri Wahyuni,Sutarmin, Pramono) got score 81,94 % %which is in very good criteria, meanwhile the feasibilitycontentof the second electronic book school of  PE (by Jaja Suharja, Husdarta, dan EliMaryani) got score 77,78 %. The conclusion of  the analysis result of  the feasibility contents of  the first and the second electronic book school of  PE are in very good and good category.