Abstract

Abstrak

Tujuan umum penelitian yaitu untuk menggambarkan implementasi dan hasil yang dicapai  pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menggunakan kurikulum 2013 di MTs Se Kecamatan Larangan dalam pengembangan karakter siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dilakukan pada sarnpel 100 siswa MTs Se-Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, data diperoleh menggunakan angket, observasi dan tes untuk mengetahui sikap, keterampilan dan kemampuan kognitif. Sikap yang diukur meliputi kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab dan sopan santun. Keterampilan yang diukur adalah keterampilan tolak peluru gaya menyamping dan gaya membelakang. Kemampuan  kognitif yang diukur berkaitan dengan pengetahuan tolak peluru gaya menyamping dan membelakang. Keterampilan yang dikembangkan adalah keterampilan melakukan tolak peluru gaya menyamping dan gaya membelakang, sedangkan aspek kognitif adalah pengetahuan tentang tolak peluru gaya menyamping dan gaya membelakang. Hasil observasi dan penilaian diri menunjukkan bahwa kedisiplinan, kejujuran, tanggungjawab dan sopan santun siswa tergolong baik. Keterampilan siswa melakukan gerakan tolak peluru gaya menyamping dan membelakang tergolong baik dan kemampuan kognitif siswa tentang tolak peluru gaya menyamping dan membelakang tergolong baik.

 

Abstract


The general objective of this study was to describe the implementation and results achieved of physical education, sport and health curriculum 2013 in the MTs District of Larangan in the character development of students. The research used a descriptive approach conducted on a sample of 100 students of MTs in District of Larangan-Brebes, The data obtained using a questionnaire, observation and tests to determine the attitudes, skills and cognitive abilities. Attitudes are measured include discipline, honesty, responsibility and manners. Measured skill is the skill of shot put sideways and backs style. Measured cognitive abilities related to knowledge shot put sideways and backs  style. The skills developed are doing shot put skill and style of turn one sideways style, while the cognitive aspect is the knowledge about the shot put sideways and backs style. Observation and self assessment results indicate that discipline, honesty, responsibility and good manners of students classified. Skills student movement sideways shot put style and turn one quite good and the cognitive abilities of the students shot put sideways and backs style quite well.