Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model permainan tradisional Ekar Mix digunakan sebagai panduan: 1) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran penjasorkes. 2) mengetahui efektivitas permainan tradisional Ekar Mix. 3) mengetahui keterterimaan permainan tradisional Ekar Mix.Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan produk berupa permainan tradisional Ekar Mix untuk siswa SD kelas IV dilakukan dengan 6 tahapan. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan kuisioner, teknik analisis data persentase pengujian validitas,  reliabilitas menggunakan program SPSS 20. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri 87, dan 89 Palembang kelas IV. Hasil penelitian ini berupa permainan tradisional Ekar Mix yang digunakan sebagai media pembelajaran penjasorkes, berdasarkan uji skala besar menunjukkan: 1) reliabilitas untuk 70 siswa sebagai responden yaitu 0,589. 2) reliabilitasuntuk 4 guru Penjasorkes sebagai responden yaitu 0,956.  Hasil dikatakan reliabel karena r hitung lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5%. 3) Data responden siswa sebagai penguat penilaian dengan indikator kognitif 91,42%,  psikomotor 97,5% , afektif 96,25%, 4) kenaikan jumlah denyut nadi laki-laki 69,16% dan kenaikan jumlah denyut nadi perempuan 68,60%.Kesimpulan, pengembangan permainan tradisional Ekar Mix untuk pembelajaran Penjasorkes di SD menghasilkan  produk efektif meningkatkan kebugaran jasmani siswa. Disarankan bagi guru Penjasorkes menggunakan permainan tradisional Ekar Mix sebagai bahan ajar dalam pembelajaran penjasorkes.

 

Abstract
The research was aimed to give traditional games Ekar Mix model that can be used for the teachers: 1) improving the quality of physical education, sport and health learning. 2) Finding out the effectiveness. 3)Finding out the acceptance of traditional gamesEkar Mix model. The methodology used research and development. The result was traditional product games Ekar mix as teaching media of physical education, sport and health. Based on the large scale experiment showed: 1) Guttman Split-Half reliability coefficient for 70 respondents was 0.586. 2) Guttman Split-Half Coefficient for 4 teachers of Physical Education, Sport, and Health Subject as the respondent was 0.956. It could be concluded the reliability of teachers respond was reliable since R count was higher than R table with significant level 5%. 3) The questionnaire was used to prove the result of the study showed that indicator cognitive was 91.42%, psychomotor indicator was 97.5%, and effective indicator was 96.25%. 4) The improvement of artery beat of exercise was mean 69.16% when improvement of artery beat of learning was women 68.60%.Conclusion, developing traditional game Ekar Mix for teaching martial art in physical education, sport and health subject at primary of school yield was an effective product. .