Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model permainan bola voli mini serpassring yang digunakan1) sebagai alternatif permainan bola besar penjasorkes yang sesuai dengan karakteristik anakSD, 2)dapat meningkatkan kualitas pembelajaran penjasorkes. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi beberapa tahapan: 1)menganal isi produk yang dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal permainan, 3) validasi ahli, 4) ujicoba lapangan, 5) revisi produk.Hasil penelitian ini berupa produk permainan bolavoli mini Serpassring yang dapat digunakan sebagai model pembelajaran penjasorkes, berdasarkan uji skala besar menunjukkan: 1) hasil reliabilitas untuk respon guru Penjasorkes dikatakan reliabel karena r hitung > r tabel 0,950 dengan taraf signifikan 5%. 2) Data responden siswa sebagai penguat dalam penilaian yang diambil dengan indikator kognitif sebesar97,55%, psikomotor95,52%, afektif96,22%,3) kenaikan jumlah denyut nadi pembelajaran 63,38%. Kesimpulan, bahwa pengembangan model modifikasi permainan bolavoli mini serpassring untuk pembelajaran penjasorkes di SD kelas V menghasilkan suatu produk yang efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa.

 

Abstract

This study aims to produce a model of the game of mini volleyball Serpassringused reflective 1) as an alternative big ball game Penjasorkes in accordance with the characteristics of primary school children, 2) to improve the quality of learning Penjasorkes, development procedure used had some steps: 1) Product analyzing for development; 2) developing first product of playing; 3) expert validating; 4) field trials; 5) product revised. Result of the research was a mini volleyball serpassring playing product that could used as a penjasorkes learning model, based from big scale test that showed : 1) result for Penjasorkes teachers respon, it said reliabel because r calculated > r table was 0,950 with signification level 5%. 2) Students responden data as lasing in assessment of taken with cognitif indicator was 97,55%; psikomotor 95,52%; afektif 96,22%.  ammount increased learning pulse was 63,38% . The conclusion that development of ofModification Model of Mini Volleyball ‘Serpassring’ game in Physical Education of SD Year Vhad been resulted as an effective product for increasing fitness body students.