Anwar, A. C., & Rahayu, S. (2015). Pengaruh Olahraga Tradisional Wok Dhor Terhadap Kesegaran Jasmani Santriwan Usia 13-15 Tahun Di Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Rembang. Journal of Sport Sciences and Fitness, 6(1), 23–28.
Ardiansyah, F., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 671–674.
Azmi, U., Pamor R, H., & Annas, M. (2013). Model Permainan Sepakbola Kelereng. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(7), 1920–1925.
Bukti, J., & Pramono, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Ringan di SLB. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(2), 439–446.
D’Isanto, T. (2016). Pedagogical value of the body and physical activity in childhood. Sport Science, 9(2), 13–18.
Desvarintyadi, R., Setyawati, H., & Pramono, H. (2012). Model Pembelajaran Permainan Sudamanda dengan Pemanfaatn Lingkungan Persawahan. Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations, 1(4), 194–199.
Firmansyah. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan, 5(2), 154–164.
Hendrayuda, V., Rahayu, T., & Setyawati, H. (2019). The Development of Aquatic Learning Model in Elementary School Through Traditional Game Lit-litan. Journal of Physical Education and Sports, 8(1), 33–38.
Hidayat, R., Rudiansyah, E., & Suyatmin. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Sondah Untuk Meningkatkan Aktivitas Gerak Lompat Jangkit. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 6, 21–26.
Irwan, M., & Widodo, Sucipto, A. (2020). Keterlaksanaan Permainan Sederhana dan Tradisional dalam Pembelajaran Penjasorkes. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(2), 315–322.
Juniarta, A. T. (2016). Mengkaji Penerapan Kognitif dalam Tuntutan Psikomotorik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar Nasional Peran Pendidikan Jasmani Dalam Menyangga Interdisipliner Ilmu Keolahragaan, (2013), 228–239.
Koh, K. T., Tan, L. Q. W., Camiré, M., Paculdar, M. A. A., & Chua, W. G. A. (2022). Teachers’ and students’ perceptions of factors influencing the adoption of information and communications technology in physical education in Singapore schools. European Physical Education Review, 28(1), 100–119.
Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17.
Lu, C., & De Lisio, A. (2009). Specifics for Generalists: Teaching Elementary Physical Education. International Electronic Journal of Elementary Education, 1(3), 170–187.
Miles, M. B., humberman, A.M., & Sldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. Arizona: State University.
Mulyaarja, & Hastuti, T. A. (2015). Peningkatkan Keaktifan Aspek Afektif Siswa Dalam Gamping Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(November), 111–117.
Ortega, F. B., Ruiz, J. R., & Sjöström, M. (2007). Physical activity, overweight and central adiposity in Swedish children and adolescents: The European youth heart study. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 4, 1–12.
Pangestuti, W., & Raharjo, A. (2017). Survei Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Aktivitas Permai- nan Tradisional (Tunagrahita). Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(7), 1920–1925.
Prieto‐ayuso, A., Pastor‐vicedo, J. C., González‐víllora, S., & Fernández‐río, J. (2020). Are physical education lessons suitable for sport talent identification? A systematic review of the literature. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6).
Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8.
Sarma, A. Sen. (2017). A critical review on benefits of different physical education programs in school. International Journal of Physical Education, Sport and Health, 4(2), 86–88.
Seandi Taroreh, B., & Haris Satria, M. (2020). Implementasi Permainan Cba Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Curere, 4(1).