Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model materi pembelajaran tematik pada mata pelajaran Penjasorkes yang sesuai untuk pembelajaran SD kelas V, mengetahui efektifitas keterlaksanaan bentuk materi pembelajaran tematik pada mata pelajaran Penjasorkes SD kelas V, dan mengetahui ketertarikan siswa terhadap bentuk materi pembelajaran tematik pada mata pelajaran Penjasorkes SD kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) yaitu pengembangan produk berupa materi pembelajaran tematik penjasorkes untuk pembelajaran SD kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kemudian di konversikan ke data kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V di 18 sekolah dasar di Kabupaten Brebes. Hasil keterlaksanaan produk pada masing-masing tema adalah sebagai berikut: tema 1 rata-rata nilai yaitu 93,28 predikat “Aâ€; tema 2 rata-rata 93,78 predikat “Aâ€; tema 3 rata-rata 90,83 predikat “Aâ€; tema 4 rata-rata 92,33 predikat “Aâ€; tema 5 rata-rata 94,55 predikat “Aâ€. Kesimpulan penelitian ini yaitu pengembangan materi pembelajaran tematik penjasorkes untuk siswa sekolah dasar kelas V dapat menciptakan pembelajaran yang efektif, bisa digunakan untuk mengembangkan 3 ranah pembelajaran (kognitif, afektif, dan psikomotor) dengan optimal.

This learning aims to create thematic learning instruction for physical exercise and health subject based on the nature fifth grades learning system, know the effectiveness application this thematic learning material during the conduct physical exercise and health education subject in fifth grade elementary school, and identify students interest in thematic learning material physical exercise and health education subject for fifth grade. The method used in this research is Research and Development done with product development, in this context it is thematic learning material for PEH subjects for fifth grade. Data collection technique was based on observation, questionnaire and data analysis was assessed with descriptive statistic in which the data was later converted into qualitative data. The subjects is students fifth grade in 18 elementary schools in Brebes Regency. The results product implementation of each theme were explained as follows; Theme 1 average is 93,28; theme 2 average is 93,78; theme 3 average is 90,83; theme 4 average is 92,33; theme 5 average is 94,55. This study concluded that material development thematic learning of PEH subject for fifth grade students elementary could create effective learning, which later canbe used for optimum improvement three aspects learning (cognitive, affective and psychomotor).