Abstract

Media pembelajaran aktivitas ritmik yang digunakan guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan adalah teks, audio, dan visual. Media yang digunakan memiliki kekurangan, yaitu siswa menjadi jenuh, kurang memotivasi siswa, dan kurang mengembangkan kreativitas gerak. Tujuan penelitian adalah menciptakan pengembangan media pembelajaran aktivitas ritmik berbasis multimedia dan uji efektifitas produk. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi: menganalisis produk, produk awal, validasi ahli, uji coba, revisi, hasil akhir, dan uji keafektifan. Instrument yang digunakan adalah angket dan wawancara. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMK Kabupaten OKU Selatan. Hasil validasi dari ahli materi sangat baik dengan rerata skor 4,37 dan penilaian ahli media sangat baik dengan rerata skor 4,72. Uji coba kelompok kecil penilaian guru sangat baik dengan rerata skor 4,70 dan  siswa sangat baik dengan rerata skor 4,61. Uji coba skala besar guru sangat baik dengan rerata skor 4,61 dan siswa sangat baik  dengan rerata skor 4,54. Uji keafektifan produk dengan rerata sangat baik yaitu 84,63%. Kesimpulan produk media pembelajaran aktivitas ritmik berbasis  multimedia adalah dapat mempermudah proses pembelajaran dan  menjadi sumber belajar yang dapat digunakan serta dimanfaatkan oleh guru dan siswa.

Instructional media rhythmic activity that teachers use physical education, sports, and health is text, audio, and visual. Media used to have disadvantages, namely students become saturated, less motivated students, and less develop creativity motion. The research objective is to create a media development rhythmic multimedia based learning activities and test the effectiveness of the product. Development procedures used include: analyzing the product, initial product, expert validation, testing, revision, final results, and affective test. The instrument used was a questionnaire and interviews. The subjects were teachers and students of SMK South OKU District. Results of the validation of an excellent matter experts with a mean score of 4.37 and very good assessment of media experts with a mean score of 4.72. Small group trial assessment very good teacher with a mean score of 4.70 and excellent student with a mean score of 4.61. Large scale trials are very good teacher with a mean score of 4.61 and an excellent student with a mean score of 4.54. Keafektifan test product with an excellent average is 84.63%. Conclusion media products rhythmic multimedia-based learning activity is to facilitate the learning process and learning resources that can be used and utilized by teachers and students.