Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)  perbedaan pengaruh antara media pembelajaran visual dan media audio visual terhadap kemampuan hasil belajar sepakbola,2) perbedaan pengaruh antara tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap hasil belajar sepakbola, 3) interaksi antara media pembelajaran dan motivasi siswa terhadap hasil belajar sepakbola.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian siswa berjumlah 530 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 44 orang dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 22 siswa  motivasi tinggi dan 22 siswa yang memiliki motivasi rendah.Hasil penelitian menunjukkan.1) terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan media visual, terbukti dari f hitung (4.915) > f tabel (4.085). 2) terdapat perbedaan pengaruh antara motivasi tinggi dan motivasi rendah  terhadap hasil belajar sepakbola. Terbukti dari F hitung (141.360) > dari F Tabel (4.085) dan (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar, terbukti dari F hitung (6,433)  > F tabel (4.085).

The purpose of this study is to determine: 1) the difference of the effect in using the learning media Audio visual on the result learning on football, 2) The difference of the effects between high motivation and low motivation on the result learning on football, 3) The interaction between learning media and students’ motivation on the learning result of football.This study uses experiment method with a factorial design 2x2. Population of the research was 530 students second, and  samples used in this study around 44 students by using purposive sampling, consist 22 students has high motivation and 22 students has low motivation.The results showed.1) There were the differences between the use visual media with the proof that f – test (4.915)>f table (4.085). 2). the difference between the effect of high motivation and low motivation on learning result in football with the proof F-test (141.360)> from F table (4.085) and 3). there was an interaction between learning media and motivation on learning result on football with the proof F test (6,433) > F table (4.085).