Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi, kesegaran jasmani, dan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa serta berapa besarnya sumbangan dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Pendekatan kuantitatif dengan sampel 87 siswa, yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bayat Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Variabel bebas status gizi dengan indeks massa tubuh, kesegaran jasmani dengan tes kesegaran jasmani Indonesia, dan kecerdasan emosi dengan dokumentasi tes psikologi. Variabel terikat yaitu prestasi belajar dengan dokumentasi nilai rapor semester genap tahun pelajaran 2003/2014. Analisis data dengan regresi tunggal, ganda dan analisis jalur menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian adalah terjadi kenaikan satu satuan status gizi akan diikuti dengan kenaikan prestasi belajar sebesar 0,221 apabila kesegaran jasmani dan kecerdasan emosi dikontrol. Terjadi kenaikan satu satuan kesegaran jasmani akan diikuti dengan kenaikan prestasi belajar sebesar 0,215, apabila status gizi dan kecerdasan emosi dikontrol. Terjadi kenaikan satu satuan kecerdasan emosi akan diikuti dengan kenaikan prestasi belajar sebesar 0,247 apabila status gizi dan kesegaran jasmani dikontrol. Simpulan penelitian adalah ada hubungan yang signifikan antara status gizi, kesegaran jasmani, dan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa.

This study aims at finding out if there is a correlation between nutrient status, physical fitness, emotional intelligence and students’ achievement. This research applied associative approach by taking 87 students of Grade X of SMA Negeri 1 Bayat in the academic year of 2013/2014, as the research subject sample. The independent variable was measured by using body mass index, physical fitness was measured by using Tes Kesegaran Jasmani Indonesia, and Emotional intelligence was measured by using result documentation of psychology test. The students’ achievement as the dependent variable was known from the documentation of the study report in even semester in the academic year of 20013/2014. The data were analyzed by using Single Regression Analysis, Double Regression Analysis and Path Analysis (Structural Equation Modeling). There is an increase of one unit of nutrient status that is followed by the increase of students’ achievement 0.221 if the physical fitness, emotional intelligence variables are controlled.  There is an increase of one unit of physical fitness that is followed by the increase of students’ achievement 0.215, if the nutrient status, physical fitness variables are controlled.