Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model senam Dayu yang sesuai dengan pembelajaran di sekolah dasar Kecamatan Entikong, menghasilkan model senam Dayu yang sesuai dengan karakteristik serta keefektifan siswa sekolah dasar dalam bergerak, dan menghasilkan model senam Dayu yang dapat diterima oleh siswa dan guru di Kecamatan Entikong. Model pengembangan dalam penelitian ini  menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Pengkajian aktivitas ritmik dalam pembelajaran penjasorkes yang di sesuaikan dengan karakteristik siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi dan koesioner. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang pelaksanaan proses pembelajaran aktivitas ritmik (senam Dayu) di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk model senam Dayu dengan materi aktivitas ritmik untuk kelas V sekolah dasar, penghitungan denyut nadi menunjukkan bahwa mengalami peningkatan sebesar 42,1%, 3keterterimaan dari tiga aspek dalam kategori baik yaitu aspek psikomtor dari 60 siswa dalam kategori baik 80%, aspek kognitif dari 60 siswa dalam kategori baik 85%, aspek efektif dari 60 siswa dalam kategori baik 93,3%. Simpulan penelitian adalah senam Dayu efektif dalam pembelajaran aktivitas ritmik pada siswa sekolah dasar.

This study aims to produce a model gymnastics Dayu accordance with District of learning in elementary school Entikong, produce models gymnastics Dayu accordance with the characteristics and effectiveness of elementary school students in the move, and produce models gymnastics Dayu that can be accepted by students and teachers in District Entikong . Development model in this research using the methods of research and development. Assessment of rhythmic activity in learning penjasorkes are customized to the characteristics of the students. The instrument used in this study using interview, observation, and questioner. Observations and interviews were conducted to gather information on the implementation of the learning process of rhythmic activity (gymnastics Dayu) in primary schools. The results showed that generate the model with material Dayu gymnastics rhythmic activity for elementary school fifth grade, effective research results as counting the pulse indicates that an increase of 42.1%, and acceptability of the three aspects in both categories , namely psikomtor aspects of the 60 students in both categories 80 % , cognitive aspects of the 60 students in both categories 85%, effective aspects of the 60 students in both categories 93.3%. The conclusions of this research is effective in learning Dayu gymnastics rhythmic activity in primary school students.