PERMAINAN BOKINGAN UNTUK PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR PENJASORKES SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan Bokingan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah model permainan Bokingan dapat menggabungkan materi sepak bola dan bola basket dalam pembelajaran permainan bola besar? 2) Bagaimanakah efektivitas permainan Bokingan dalam pembelajaran permainan bola besar? Hasil penelitian ini berupa produk permainan Bokingan yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran permainan bola besar Penjasorkes, berdasarkan uji skala besar menunjukkan : 1) Cronbach’s Alpha untuk 5 guru penjasorkes sebagai responden yaitu 0,885, dapat disimpulkan hasil reliabilitas untuk respon guru penjasorkes dikatakan reliabel karena r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,878 dengan taraf signifikan 5%, 2) data responden siswa didapatkan rata- rata untuk aspek afektif katagori sangat baik ada 63,6 %, katagori baik ada 36,4 %, psikomotor yang masuk dalam katagori sangat baik ada 45,5 % katagori baik ada 54,5 %, dan kognitif yang masuk dalam katagori sangat baik ada54,5 %, katagori baik ada 45,5,3) kenaikan jumlah denyut nadi pada siswa sebesar 87,12 %.
This research aims to develop a game called Bokingan game. Problems in this study are: 1) How does the model can incorporate material Bokingan game of football and basketball in learning a great ball game? 2) How is the effectiveness of the game Bokingan learning ball game great? The results of this study in the form of game products Bokingan that can be used as an alternative in learning the game great ball Penjasorkes, based on large-scale test showed: 1) Cronbach's Alpha for 5 teachers penjasorkes as respondents, 0,885, can be summed up results of reliability for response penjasorkes teacher said to be reliable because r count larger than r table is 0.878 with a significance level of 5%, 2) student respondent data obtained an average for the affective aspect category there are 63.6% excellent, good category there 36.4%, psychomotor that fall into the category of 45.5% is very good there either category there is 54.5%, and cognitive included in the category of very good ada54,5%, good category there are 45.5, 3) increase in the number of beats pulse on students by 87.12%.