DAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP PRAKSIS PENJASORKES SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak perubahan kurikulum KBK, KTSP, dan Kurikulum 2013 pada pembelajaran Penjasorkes Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengambilan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah Guru Penjasorkes Kabupaten Kebumen yang telah melaksanakan KBK, KTSP dan menjadi uji coba Kurikulum 2013. Analisis data dengan jalur reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan Kurikulum KBK ke KTSP tidak berdampak yang signifikan terhadap implementasi mata pelajaran penjasorkes SMP di Kabupaten Kebumen, perubahan Kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Penjasorkes SMP di Kabupaten Kebumen dinilai berdampak positif pada Kategori Sekolah Eks RSBI dan Kategori Sekolah Menengah, perubahan Kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Penjasorkes SMP di Kabupaten Kebumen berdampak negatif pada Kategori Sekolah Pinggiran, implementasi kurikulum 2013 pada sekolah pinggiran mempunyai banyak kendala. Kesimpulan penelitian ini yaitu perubahan kurikulum KBK, KTSP, dan Kurikulum 2013 pada pelaksanaan keseluruhan berdampak baik pada sekolah Eks RSBI dan Sekolah Menengah, sedangkan berdampak negatif pada kategori Sekolah Pinggiran. Pada kurikulum 2013 sebagai kurikulum terakhir disarankan untuk dikaji lagi dengan melihat pelaksanaan di lapangan, karena pada sekolah-sekolah pinggiran mengalami banyak kendala dalam pelaksanaannya di lapangan.
This research was aimed to describe the impact of curriculum changes towards implementation of SMP Physical Education Sport and health curriculum of KBK, KTSP, and curiculum of 2013 in Kebumen Regency. This research was qualitative research. Interviews and observation were used as instrument of data collection. Population of this research was all physical education teachers of SMP in Kebumen Regency that had applied KBK, KTSP and became a trial of curiculum 2013. Research was analyzed by data reduction, data presentation, and inference. The results of this research showed that KBK to KTSP did not impact significantly, KTSP to curiculum 2013 was considered having positive impact on the schools with category of former RSBI and with category of middle, KTPS to curiculum 2013 was considered having negative impact on the schools category of marginal. The conclusion of this research is that the curriculum changes of KBK, KTSP, and curiculum 2013 in the overall implementation have good impact on the schools category of former RSBI and on the schools of middle, while those have bad impact on the schools category of marginal. Curiculum 2013 to be reviewed because the implementation in the schools category of marginal faces many problems.