Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Context, Input, Process dan product pada pembinaan prestasi pencak silat PPLP Kalimantan Timur. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus, pelatih, atlet dan orang tua atlet pencak silat PPLP kalimantan Timur. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) conteks pembinaan prestasi pencak silat memiliki visi misi dan tujuan pembinaan yang baik karena PPLP sebagai wadah pembinaan olahraga pelajar dibidang akademik dan menciptakan atlet pelajar yang dapat berprestasi di level nasional. 2) input perekrutan pelatih masih dalam kategori cukup karena tidak mengacu pada buku pedoman dari Kemenegpora serta perekrutan atlet sudah baik berdasarkan kriteria dari Dispora. Sarana dan prasarana sangat lengkap, 3) Process keterlaksanaan program latihan masih cukup karena implementasi pelaksanaan latihan belum sesuai dengan program yang telah dibuat, pendanaan, kesejahtraan, konsumsi, transportasi di PPLP sepenuhnya dibiayai APBN. 4) product, Prestasi pencak silat PPLP dalam kategori kurang karena mengalami penurunan dan belum mampu mencapai target yang ditentukan.

This study aimed to evaluate Context, Input, Process and product on achievement coaching pencak silat PPLP East Kalimantan. This study is the evaluation of the CIPP model of using a qualitative approach. The subjects of this study is the Board, Coaches, Athletes and Parents athletes PPLP East Kalimantan. The data obtained were analyzed qualitatively with the following steps: 1) data reduction, 2) the presentation of the data, and 3) conclusion.These results indicate that 1) the context of coaching accomplishments pencak silat has the vision, mission and objectives of good coaching because PPLP as container sports coaching students in academic and creating student athletes who can excel at the national level. 2) Input the recruitment of coaches still in the category enough because it does not refer to the handbook of Kemenegpora and recruitment has been good athlete based on criteria from the Dispora. Very complete facilities and infrastructure, 3) Process adherence to exercise programs is still sufficient for the implementation of the exercise is not in accordance with the program that has been created, funding, welfare, consumption, transport in PPLP fully financed state budget. 4) product, Achievement PPLP has decreased and has been unable to achieve the specified targets.