Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah dalam Pencegahan COVID-19 selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fayruza Nuril Akhyana

Abstract

Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu bidang terdampak pandemi COVID-19. Upaya pencegahan penyebaran COVID-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menginstruksikan untuk segera mengoptimalkan peran Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) dengan cara berkoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan setempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program UKS/M dalam pencegahan COVID-19 selama Pembelajaran  Tatap Muka (PTM) terbatas. Penelitian dilaksanakan di MTs N 3 Rembang pada bulan Maret-Mei 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan terdiri dari 9 informan utama dan 11 informan triangulasi. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta protokol kesehatan 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas), sudah dilakukan, namun UKS/M tidak berperan. UKS/M telah termasuk dalam bagian Satgas COVID-19, koordinasi dengan Puskesmas terkait 3T (Testing, Tracking, dan Treatment) sudah dilakukan terdiri dari tes swab serta vaksinasi. Sarana sanitasi yang ada di MTs Negeri 3 Rembang sudah sesuai dengan standar pada Pedoman Program Sanitasi Sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Akhyana, F. (2022). Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah dalam Pencegahan COVID-19 selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.15294/jppkmi.v3i2.62284