Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Kebakaran Di Restoran X ( Studi Kasus Restoran X Kota Semarang)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

rifan bagas firmana

Abstract

Kebakaran biasanya diawali dari api kecil atau disebut api awal, jika dapat dikuasai dengan baik maka kebakaran tidak akan terjadi, dan jika tidak dapat dikuasai api akan berubah menjadi kebakaran, semakin besar dalam waktu relatif singkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan ketersediaan fasilitas terhadap kesiapsiagaan tanggap darurat di Restoran X. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Hasil Peneliitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan K3 (p-value=0,010), sikap (p-value=0,022) dan Ketersediaan Fasilitas (p-value= 0,27) dengan kejadian kesiapsiagaan tanggap darurat kebakaran. Kesimpulan terdapat hubungan antara pengetahuan K3, sikap dan ketersediaan fasilitas terhadap dengan kesiapsiagaan tanggap darurat kebakaran.. Saran penelitian ini adalah diharapkan pekerja mampu diberikan pelatihan tanggap darurat dan pekerja harus memiliki tingkat kepedulian terhadap K3 agar nantinya dapat mengetahui bagaimana risiko bahaya yang mungkin terjadi di dalam suatu pekerjaan sehingga pekerja dapat bertindak aman dan dapat mengatasi bencana kebakaran. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
firmana, rifan. (2023). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Kebakaran Di Restoran X ( Studi Kasus Restoran X Kota Semarang). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.15294/jppkmi.v3i2.66205