PENGARUH LATIHAN LADDER SPEED RUN DAN LADDER STRIDE RUN TERHADAP FOOTWORK PEMAIN BULUTANGKIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Aditya Prihantara
Mohammad Nasution

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah alat ladder jarang digunakan oleh pelatih untuk meningkatkan kelincahan footwork pemain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode latihan yang lebih baik antara ladder speed run dan ladder stride run. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Populasi berjumlah 12,dengan jenis kelamin laki-laki. Sampel penelitian  adalah 12 pemain putra Persatuan Bulutangkis Ekstra Cilacap tahun 2018.


Hasil penelitian diperoleh : 1) nilai t hitung = 2.928> t tabel = 2.571, maka ada pengaruh yang signifikan dari latihan ladder speed run terhadap footwork pemain bulutangkis. 2) Nilai t hitung = 5.000> t tabel = 2.571, maka Ada Pengaruh Yang Signifikan Dari Latihan Ladder Stride Run Terhadap Footwork Pemain Bulutangkis. 3) t hitung latihan ladder stride run = 5.000lebih besar dibandingkan thitung latihan ladder speed run = 2.928 maka metode latihan ladder stride run lebih baik dibandingkan dengan latihan ladder speed run. Simpulan dari penelitian ini ada pengaruh antara latihan ladder speed run dengan latihan ladder stride run terhadap footwork pemain putra Persatuan Bulutangkis Ekstra Cilacap Tahun 2018. Saran dari penelitian ini ladder speed run dan ladder stride run dapat dijadikan referensi pelatih dan pembina klub bulutangkis

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Achmad Riva dkk.2015. Pengaruh Latihan Agility wheel Terhadap Kemampuan Footwork Siswa Ekstrakurikuler Bulutangkis SMAN 4 Malang.
Andreas Kristiantono.2016. Pengembangan Alat Footwork Test And Training Bulutangkis.
Brown, Lee E & Vanve Vance A.Ferrigno.2000. Training For Speed, Agility, and Quickness. United States of America: Human Kinatics.
FakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeri Semarang.2014. PedomanPanulisanSkripsiMahasiswa Program Strata 1.Semarang: FIK-UNNES.
Herman Subardjah. 2004. Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Bulutangkis. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.
http://rafijagoanku.blogspot.co.id/2011/07/teknik-dasar-bulutangkis-footwork.html
http://www.humankinetics.com/excerpts/excerpts/speed-and-agility
http://www.tayha.org/layout_container/show_layout_tab?layout_container_id=7805287&page_node_id=879113&tab_element_id=12451
Iwan Hasyim dkk.2018. Pengaruh Metode Latihan Sirkuit Terhadap Kemampuan Smash Pada Permainan Bulutangkis.
Muhammad Hanif Naufal.2016. “Pengaruh Latihan Dodging Run Dan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Kaki Atlet Bulutangkis Putra Usia 12-13 Tahun PB. Harapan Jaya Kabupaten Magelang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta.
Pole, James.2009. Belajar Bulutangkis. Bandung: Pionir Jaya.
S.Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiharto dan Hadi Setyo Subiyono. 2013. Perbedaan Hasil Latihan Umpan Balik Lob Langsung dan Lob Tak Langsung Terhadap Ketepatan Lob Dalam Olahraga Bulutangkis Di PB Tugu Muda Kota Semarang.
Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA
Suharsimi Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukesih. 2012. Penerapan Latihan Shadow Dalam Upaya Meningkatkan Kelincahan Pada Materi Permainan Bulutangki.s
Tohar.1992.Olahraga Pilihan Bulutangkis