Analisis Gerak Tendangan Mawashi Geri pada Cabang Olahraga Karate di Dojo SMA Negeri 1 Larangan Brebes

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad iqbal baramuli
Agus Wiyanto
Fajar Ari Widiyatmoko

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil analisis gerakan tendangan mawashi-geri di Dojo SMA Negeri 1 Larangan Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan teknik tendangan mawashi-geri yang dikombinasikan dengan bentuk video dan diteliti menggunakan aplikasi software dartfish. Subjek penelitian ini adalah karateka Dojo SMA Negeri 1 Larangan Brebes sebanyak 3 karateka, Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan cara observasi. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dari ke 6 sudut gerakan yang dianalisis dari semua karateka yaitu sudut tekukan siku (elbow flexion) dan sudut bukaan lengan atas (opening the upper arm) gerakan yang dihasilkan dari ke 3 karateka suduh baik, sudut kecondongan tubuh (heeling torso) yang dihasilkan masih kurang, sudut tekukan kaki kanan (right knee flexion) dan sudut tekukan kaki kiri (left knee flexion) gerakan yang dihasilkan masih kurang baik, dan bukaan kaki (leg opening) jarang kedua kaki sudah baik. Simpulan dari penelitian ini masih terdapat kekurangan proses tendangan mawashi geri dari sampel yang diteliti. Saran yang dapat penulis sampaikan supaya semua item gerakan sudut yang dianalisis dapat memberikan dampak yang sangat berpengaruh terhadap hasil tendangan mawashi-geri yang maksimal

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Bagia I M. 2016. “Korelsi Berat Badan Dan Panjang Tungkai Terhadap Kecepatan Tendangan Karate Mawashi Geri Jodan Siswa Smp Negeri 11 Denpasar”. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi Volume 2 : 119 – 127, Agustus 2016.
Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Fadillah Kurniawan. 2017. “Analisis Secara Biomekanika Terhadap Kekerapan Kesalahan Pada Teknik Gerak Serang Dalam Pertandingan Anggar”.
Fandayani F. 2019. “Analisis Teknik Tendangan Dominan terhadap Perolehan Poin pada Pertandingan Kumite Cabang Olahraga Karate”.
Hardian. N. 2016. “Analisis Gerakan Tendangan Ap Chagi Pada Taekwondoin Junior Putra Kabupaten Lombok Timur”. Journal of Physical Education, Health and Sport 3 (2) (2016).
Hasan. 2018. “Pengaruh Latihan Menggunakan Media Kursi Terhadap Tendangan Mawashi Geri Beladiri Karate”.
Hidayat. 2018. “Analisis Gerakan Lompat Jauh pada Mahasiswa UPGRIS”. Jendela Olahraga Volume 3, Nomer 1 Januari 2018
Lukam. 2013. “Biomekanika Penerapan Hukum-Hukum dan Prinsip-Prinsip Mekanika”.
Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga.
Manullang. 2018. “Hubungan Antara Power Otot Tungkai Terhadap Kecepatan Tendangan Mawashi Geri Pada Kohai Dojo WadokaiIlir Barat 1 Kota Palembang Jujur”. Jurnal Penjaskesrek Vol. 5, No1, April 2018.
Moleong M.A. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nenggar A.H. 2014. “Analisis Gerak Tendangan Mawashi-Geri Cabang Olahraga Karate pada Atlet FORKI Kabupaten Jombang”. Bravo’s Jurnal Volume 2 No. 4 Tahun 2014.
Nenggar A.H. 2016. ”Perbandingan Analisis Gerakan Tendangan Mawashi-Geri Pada Atlet Putra Kabupaten Jombang Kelas Berat Badan Paling Ringan Dan Berat Badan Paling Berat”. Bravo’s Jurnal Volume 4 No. 1 Tahun 2016.
Purba P.H. 2017. “Hubungan Kelentukan Dan Kelincahan Terhadap Kecepatan Tendangan Mawashi Gery Chudan Pada Karateka Perguruan Wadokai Dojo Unimed”. Jurnal Prestasi Vol. 1 No. 1, Juni 2017 : 11-16.
Rajidin, Ramdani Amrullah. 2018. “Perbandingan Latihan Menendang Menggunakan Alat Pemberat Kaki (Ankle Weight) Dan Karet Ban Terhadap Kecepatan Tendangan Mawashi Geri”. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 7, No. 1, Juni 2018.
Rosalita Annaningdyas. 2015. Pengaruh Latihan Box Skip Terhadap Power Otot Tungkai Siswa Peserta Ekstrakurikuler Karate Di Smp N 1 Kalasan, Sleman.
Sepriadi. 2018. “Kontribusi Power Otot Tungkai dan Keseimbangan terhadap Tendangan Mawashi Geri Atlit Kempo”. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 8. Nomor 2. Edisi Desember 2018.
Simanjuntak, Victor dkk. 2004. “Teknik Dasar Karate”.
Simbolon, Bermanhot. 2014. “Latihan dan Melatih Karate. Yogyakarta. Griya Pustaka”.
Singgih A.R. 2016. “Evaluasi ketepatan tendangan Mae-Geri (Tendangan Depan) Terhadap atlet karate amura banyuwangi”.
Suganda A dkk. 2015. “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pembelajaran Tendangan Mawashi-Geri di SMP”.
Wahid, Abdul. 2007. Shotokan: Sebuah Tinjauan Alternatif Terhadap Aliran Karate-do terbesar di dunia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wijaya R.S. 2015. “Analisis Biomekanik Tendangan Karate Yoko Geri Kekomi”. Volume 3, No 1 Edisi Yudisium 2015.